Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

14 Aneka Kue Legendaris Indonesia

 

14 Aneka Kue (Jajanan) Legendaris Indonesia

 

Hallo happy readers Analisa Muya, Disini Analisa Muya ingin berbagi info seputar jajanan pasar yang masih dinantikan oleh para penggemarnya. Hayooo, siapa yang kalau ke pasar nyari jajanan tradisional. Aku sih yesss hehehe. Iya, jajanan pasar dari aneka kue-kue tradisional masih banyak juga penikmatnya. Keberadaan dari kue-kue tradisional ini bisa dibilang susah-susah gampang untuk menjumpainya. Di daerah mungkin ada tapi mungkin juga tidak lengkap. Apalagi di perkotaan yang jajanannya marak jajanan masa kini bermicin-micin. Yuksss, kita absen in dulu 14 jajanan tradisional legendaris Indonesia.

1.     Kue Pukis

Kue pukis merupakan kue tradisional yang memiliki rasa yang manis dan lembut. Sekarang ini, banyak yang memodifikasi kue pukis dengan tambahan topping diatasnya, seperti meses, keju atau yang lainnya.

 

2.     Kue Apem

Nama kue apem ini berasal dari bahasa arab “afwan” yang artinya meminta ma’af. Dari filosofis nama apem, kue ini sebagai simbol pemintamaafan dan ada tradisi yang bernama “ngapem” untuk saling berma’af-ma’afan dan bersilaturahmi.

 

3.     Kue Lemper

Lemper merupakan makanan tradisional dengan bahan utama ketan dan ayam yang disuwir-suwir atau abon sebagai isiannya. Makanan tradisional ini dibungkus dengan daun pisang menambah aroma yang sedap.

 

4.     Kue Nagasari

Kue nagasari ini memiliki rasa yang manis dengan bahan utama tepung beras dan santan. Di dalamnya biasanya ada pisang dan kue ini dibungkus dengan daun pisang.

 

5.     Kue Lapis

Dari Namanya sudah bisa ditebak, kue tradisional ini terdiri dari beberapa lapis dengan warna-warna yang berbeda sesuai selera pembuatnya. Bahan utama dari kue ini adalah tepung beras dan kanji.

 

6.     Kue Cucur

Kue tradisional ini memiliki warna yang menarik dan proses pembuatannya dengan digoreng. Citarasa dari kue cucur ini manis dan enak bangets kalau dimakan ketika masih hangat-hangatnya. Kue ini terbuat dari tepung terigu dan gula aren.

 

7.     Kue Pancong

Kue tradisional ini merupakan jajanan khas dari Betawi. Bahan untuk membuatnya terdiri dari tepung beras, santan, kelapa parut, dan diberi tambahan sedikit tepung tapioka. Kue ini memiliki rasa yang gurih dan ada juga yang diberi taburan gula halus diatasnya, enak dahhh rasanya. Sayang sekali, agaknya sekarang sulit untuk menjumpainya.

 

8.     Kue Lumpur

Kue manis ini merupakan campuran dari beberapa bahan, yaitu tepung terigu yang dicapur dengan kentang, santan, telur, vanilla dan ada kismis sebagai toppingnya. Tekstur ue tradisional ini lembut dan memiliki rasa yang manis.

 

9.     Klepon

Kue ini identic dengan warnanya yang hijau dan ditaburi oleh kelapa parut. Kue ini berbahan dasar tepung beras ketan yang dibentuk bulat-bulat dengan isi gula merah.

10.Putu bambu

Ketika waktu kecil dulu, setiap sore sering ada penjual putu bambu yang berkeliling. Aromanya sungguh khas dan sedap membuat setiap orang yang menghirup aromanya ingin makan dan beli. Kue ini terbuat dari tepung beras dan diberi isian gula merah, yang kemudian dimasukkan ke dalam cetakan bambu.

 

11.Onde-onde

Nah kue yang ini masih banyak ditemui di pasar tradisional ataupun di pinggir jalan. Bentuknya yang bulat dan ditabur wijen yang gurih. Onde-onde ini memiliki isi kacang hijau yang sudah dihaluskan. Modern ini banyak yang memodifikasi onde-onde, dari segi warna dan isinya.

 

12.Cenil dan parutan kelapa

Cenil ini berbahan dasar tepung kanji. Penyajiannya diberi taburan parutan kelapa dan gula merah cair. Rasanya manis dan teksturny kenyil-kenyil.

 

13.Madumongso

Makanan tradisional ini merupakan jajanan khas daerah Jawa Timur. Bahan utamanya adalah tape ketan hitam. Rasanya manis legit dan seperti dodol untuk teksturnya.

 

14.Gethuk Pisang

Jajanan tradisional ini merupakan khas Kediri, Jawa Timur. Rasanya manis dan terbuat dari pisang raja Nangka. Gethuk ini biasanya tahan 3-5 hari saja dan pembungkusnya daun pisang menambah aroma yang sedap.

 

 

Posting Komentar untuk "14 Aneka Kue Legendaris Indonesia"