Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Manfaat SEO On Page pada Blog – Blogger Pemula Bercerita

Manfaat SEO On Page pada Blog

Hallo tamuy-tamuy, selamat pagi, siang, sore atau malam….Sekarang Analisa Muya ingin berbagi tentang manfaat SEO pada website secara umum. Eh,…sebelumnya kita urai dulu yuks, Apa sih SEO itu? Kita mulai dari definisinya dulu ya….

Definisi SEO secara umum

SEO merupakan akronim dari Search Engine Optimization adalah suatu Teknik untuk mengoptimalkan sebuah website supaya berada pada rangking teratas pada hasil pencarian Google. 
Iyaps.., supaya website kita banyak dikunjungi maka tidak hanya membuat artikel saja tetapi perlu mengoptimasinya dengan Teknik SEO. Dari data statistik, kedudukan Google sebagai mesin pencarian mencapai 90 % dari pangsa pasar. 
Kurang lebih setiap harinya ada 3,5 miliar yang melakukan pencarian lewat Google. Nah, hal inilah yang membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mempelajari dan menerapkan pada website mereka supaya trafficnya melesat tinggi.

Jenis SEO pada blog atau website

Nah, setelah kita mengetahui definisinya. Selanjutnya, kita kenali jenis-jenis SEO dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pemilik website. Berikut adalah jenis-jenis SEO pada blog atau website :

1.SEO on page

Teknik yang bertujuan untuk mengoptimasi tulisan-tulisan yang ada di website kita supaya lebih mudah ditemukan oleh mesin pencarian seperti Google. Nah, SEO on page ini berkaitan langsung dengan elemen-elemen yang ada pada website kita, seperti kualitas konten, penggunaan kata kunci (keyword), struktur konten, optimasi gambar, kecepatan website dan lain sebagainya yang akan dijelaskan di halaman ini pada indicator utama SEO.

2.SEO off page

Selanjutnya, SEO off page adalah teknik optimasi SEO di luar website. Nah, caranya bagaimana ? kita bisa meningkatkan nilai DA (Domain Authority), membagikan link artikel-artikel yang ada di website kita melalui social media atau memasang link artikel di blog lain.

Nah, indicator-indikator apa saja sih yang bisa mempengaruhi SEO, sebagai berikut :

  1. Domain Factor
  2. Desain dan struktur website
  3. Keamanan website
  4. Kecepatan website
  5. Penggunaan Keyword
  6. Topik konten
  7. Search intent
  8. Struktur konten
  9. Optimasi gambar
  10. Struktur URL
  11. Meta tag
  12. Backlink
  13. Web spam

Manfaat SEO On Page pada blog secara Umum

Mempelajari dan menerapkan SEO memang membuat pusing tetapi bukankan pusing adalah salah satu tanda kita berfikir hehehehe. Nah kenapa sih blogger pemula sepertiku harus mempelajari dan menerapkan SEO. Berikut adalah manfaat menerapkan SEO pada Website secara umum:

1. Memudahkan Audiens (pembaca) dalam menemukan website kita

Dengan menerapkan Teknik SEO yang tepat, website kita memungkinkan berada dalam di halaman pertama pencarian di Google. Dengan menduduki rangking halaman 1, website kita memiliki peluang besar untuk dikunjungi dan dibaca.

2. Memperoleh target audiens (pembaca) yang tepat

Dengan menerapkan meta tag, SEO dapat membantu kita mendapatkan target audiens yang tepat untuk memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, website khusus masakan padang. SEO bisa membantu mengarahkan audiens yang mencari informasi resep atau review masakan padang yang enak dan terjangkau.

3. Meningkatkan brand recognition

Ketika sudah menerapkan SEO dengan tepat dan website sering muncul pada halaman pertama pencarian Google tentunya ini akan meningkatkan brand recogtition atau website kita semakin dikenal dan meningkatkan traffic alami. Hal ini bisa membuat posisi website kita semakin kuat.

4. Mendatangkan cuan

Ketika website kita sudah memiliki traffic alami yang tinggi dan berlangganan berada di halaman pertama pencarian di Google dan bisa menarik datangnya pengiklan yang bisa menambah cuan hehehe.

Penerapan SEO on page pada blog

Dari manfaat penerapan SEO semakin menguatkan blogger pemula untuk bisa menerapkan SEO. Nah, bagaimana poin-poin penerapannya,yukss simak berikut ini ;

1. Judul

Dari Coach Marita, dalam memilih judul yang SEO friendly, yaitu jumlah karakter 55 dan maksimumnya 60. Eh, jangan lupa kata untuk memasukkan kata kunci yang telah dibuat pada judul.

2. Permalink

Nah, selanjutnya untuk permalink sebaiknya tidak lebih dari 75 karakter yang dihitung dari huruf h (https:……). Dan jangan lupa juga untuk memasukkan kata kunci pada permalink.

3. Penggunaan kata kunci

Tentunya, pada penulisan artikel kita mengacu pada kata kunci yang telah kita tentukan di awal. Namun, untuk mencapai SEO friendly kita butuh menerapkan LSI (Latent Semantic Indexing), yaitu sinonim atau padanan kata. Jadi kita perlu menulis kata yang berbeda tetapi artinya sama. Misalnya, makanan bisa ditulis hidangan, santapan, kudapan, dan lain sebagainya.

3. Meta Deskripsi

Kita perlu juga menulis kata kunci pada bagian meta deskripsi. Jumlah karakter maksimumnya adalah 155.

4. Heading

Dalam menulis artikel kita perlu mengatur heading sesuai urutan, yaitu H1. H2, dan H3. Lagi dan lagi jangan lupa menuliskan kata kunci pada heading yang digunakan ya….

5. Optimasi Gambar

Gambar bisa sebagai pemanis dan memperjelas informasi. Tak hanya sampai disitu saja, kita perlu memberikan treatment tambahan. Nah, gambar yang kita letakkan di artikel diberikan judul atau alt gambar atau video. Dalam menyimpannya pun kita berikan judul yang sesuai dengan penambahan stri, seperti manfaat-seo-untuk-blogger-pemula.jpg.

6. Share link di media sosial

Sudah buat artikel, sayang kalau tidak dibagikan supaya menambah kebermanfaatan tulisan dan menambah kunjungan di website kita.

Simpulan

SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk mengoptimalkan sebuah website supaya berada pada rangking teratas pada hasil pencarian Google. Untuk menaikkan traffic dan berada di halaman ke satu dalam pencarian di Google memang tidak bisa secara instan. Selain belajar dan menerapkan, kita juga perlu waktu yang tidak singkat. Meskipun begitu, SEO merupakan investasi jangka panjang dengan banyak manfaat.

Nah, sementara cukup dulu untuk berbagi cerita tentang SEO. Semoga kedepan saya bisa lebih banyak bercerita lagi untuk para tamuy 😊😊😊.


Referensi Bacaan :


1.Memaksimalkan Website Dengan Search Engine Optimization (SEO)-https://yokesen.com/id/detail-blog/memaksimalkan-website-dengan-search-engine-optimization-seo

2. Ada Apa dengan SEO; Pengertian, Jenis dan Cara Belajarnya - https://www.blogspedia.my.id/pengertian-jenis-dan-cara-belajar-SEO/

3. Traffic Website Naik Drastis Cuma dengan Cara ini (Niagahoster) - https://m.youtube.com/watch?v=fr4e257X97I&feature=youtu.be 

4. 13+ Tips SEO On Page untuk Optimalkan Kualitas Blog - https://www.blogspedia.my.id/tips-seo-on-page/

1 komentar untuk "Manfaat SEO On Page pada Blog – Blogger Pemula Bercerita "

  1. yuhuu.. demi cuan yuk semangat belajar seo on page hehehe.. terimakasih tips-tipsnya mba

    BalasHapus