Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Menulis Essay yuks !



“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah menulis adalah bekerja untuk keabadian.” ― Pramoedya Ananta Toer

Hallo happy reader sekarang Analisa Muya ingin membahas tentang ESSAY. Buat kalian yang sedang di bangku SMA/MA/MK hingga kuliah tentunya sudah familiar dengan ESSAY. Bahkan, kemampuan menulis essay ini juga diperlukan ketika memasuki dunia kerja ataupun seleksi meraih beasiswa.

          Kita mulai dari definisinya dulu ya, Essay adalah suatu tulisan yang membahas mengenai suatu topik dari sudut pandang pribadi penulisnya. Essay juga bisa diartikan sebagai opini dari penulis dengan tujuan untuk meyakinkan gagasan atau penilaian yang disampaikan penulis, bisa berkenaan dengan suatu permasalahan ataupun objek tertentu.

Gambar 1. Struktur Essay

          Nah, untuk struktur penulisannya seperti pada Gambar 1. Essay terdiri dari introduction (pendahuluan), body (isi), dan conclusion (penutup/ simpulan).

a). Introduction (Pendahuluan)

          Di bagian ini merupakan paragraf pembuka dari essay. Kita bisa menuliskan pernyataan umum terlebih dahulu untuk membukanya (general statement). Selanjutnya, kita juga dapat menambahkan alasan atau tujuan ingin membahas topik ini dan alangkah lebih baiknya diberi penjelasan poin-poin yang akan di bahas dalam essay.

b). Body (isi)

          Dari poin-poin yang telah ditulis di bagian intro dijabarkan dalam paragraf-paragraf. 1 poin untuk 1 paragraf atau 1 ide pokok (main idea/ topic sentence) untuk 1 paragraf. Kemudian dari topic sentence tersebut dikembangkan dengan menambah pernyataan-pernyataan yang mendukung topic sentence. Jika terdapat 3 poin yang akan dibahas, maka dalam body terdapat 3 paragraf.  

c). Conclusion (Simpulan)

          Bagian ini merupakan paragraf penutup dari essay yang berisi hasil kesimpulan dari penulis. Untuk penulisan essay yang bersifat ilmiah atau formal sangat disarankan penulis menuliskan sumber referensi yang relevan dan mutakhir.  

          Setelah mengetahui struktur dari essay, kita lanjutkan ke langkah-langkah untuk membuat essay sebagai berikut:

1.    Menentukan topik yang diminati atau yang ingin dibahas

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan topik yang akan ditulis dan alasan apa yang melatarbelakangi ingin menulis essay tersebut.

 

2.    Membuat kerangka essay

Dengan membuat kerangka terlebih dahulu, kita dapat memfokuskan poin-poin apa saja yang akan dibahas dalam essay yang kita tulis. Kerangka dapat memudahkan kita untuk mengembangkan gagasan-gagasan menjadi paragraf-paragraf. Contohnya, kita ingin menulis essay tentang “my hometown” (essay dalam bahasa Inggris). Kita dapat membuat kerangka sebagai berikut:

Untuk contoh penulisannya, bisa klik link “My Hometown” dan contoh essay “My Self”.

 

3.    Membaca literatur yang relevan dan mutakhir

Sebelum kita menulis essay, kita perlu melakukan study literatur terlebih dahulu. Ketika kita berani menulis, maka kita juga harus berani membaca. Dari kerangka yang telah kita buat, dengan memperbanyak literatur maka dapat memperkuat gagasan yang kita tuliskan.

 

4.    Menulis essay

Dengan topik dan kerangka yang sudah dibuat serta dari literatur-literatur yang sudah kita baca. Tahap selanjutnya adalah mengembangkan kerangka menjadi tulisan yang lengkap, yaitu sebuah essay.

 

5.    Mereview tulisan essay

Untuk menghindari kesalahan penulisan ataupun kalimat yang memiliki makna ganda (ambigu), kita dapat meminimalisir dengan cara membaca ulang apa yang telah kita tulis. Selamat mencoba 😊.

21 komentar untuk "Menulis Essay yuks !"

  1. Edukatif sekali artikelnya, cocok buat yg baru nulis nih biar tau dasar2 menulis essay

    BalasHapus
  2. Informatif sekali mba. Dulu saya pernah juga belajar membuat essy untuk dikirim ke koran. Seru, tapi harus lebih teliti dengan sumber bacaannya. Terima kasih sudah berbagi ilmu. Semoga berkah ❤

    BalasHapus
  3. Kumpulin referensi sebanyak-banyaknya, baru diramu menjadi informasi baru di essay. Terima kasih infonya kk

    BalasHapus
  4. Asyik banget ya kak menulis essay.

    Bagi saya menulis essay berarti berbagi ide ide ya kak. Jadi brainstorming juga...

    Semangat terus kak untuk berbagi ide 😊 salam kenal dari saya, fenty.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah Terimakasih sharingnya Mbak

    BalasHapus
  6. Cocok banget sama aku yang sdang latihan nulis-nulis esai nih ^^ Kontennya edukatif, Mbak! Terima kasihh~

    BalasHapus
  7. berasa kayak kembali ke masa sekolah kalau nulis essay lagi hehe...makasih infonya mom

    BalasHapus
  8. Terima kasih sharing tentang ilmu menulis essay

    BalasHapus
  9. Pas banget lagi nyari nulis essay...buat ikutan lomba... ✨

    BalasHapus
  10. Terima kasih Mbak, informatif sekali. Dulu saya pernah ingin belajar menulis essay untuk dikirim ke majalah sastra sekarang jadi ingat lagi perihal essay. 👍😁

    BalasHapus
  11. Esai atau essay ini memang selalu ada dalam setiap persyaratan mengajukan beasiswa. Penting sekali untuk kita memahami bagaimana menulis esai yang baik, dari sini saya jadi tambah tahu apa itu dan bagaimana essay itu. Terima kasih Mba sudah berbagi.

    BalasHapus
  12. Penulisan esai ini memang agak tricky, ya. Terima kasih infonya, kak.

    BalasHapus
  13. Terima kasih informasinya, artikelnya lengkap. Mantap kak.

    BalasHapus
  14. Trik dan caranya hampir miri seperti nulis blog ya. Apapun yang ditulis harus berdasarkan data dan fakta, sebelum posting wajib direview dulu

    BalasHapus
  15. informatif!! thank you kakak.... saya juga suka nulis essay. tingkat kesulitannya lebih besar daripada sekedar artikel soalnya.... menantang

    BalasHapus
  16. Wah bagus ini penjelasan tentang essay-nya. ta suruh anakku baca juga. makasih ya infonya

    BalasHapus
  17. Essay oh essay pengen punya essay ilmiah dulu pas kuliah yg bisa diterbitim gitu di jurnal-jurnal tp nggak bisa, terima kasih informasinya

    BalasHapus
  18. Terimakasih telah mengingatkan kembali hal penting yang terlupakan. Saking udah lama nggak nulis essay.

    BalasHapus