Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Positive Thinking, Yang Penting Yakin !!!

 

Sebab Skenario Allah Selalu yang Terbaik

: Yang Penting Yakin !

 


“Setiap Impian punya pintunya masing-masing, tergantung kita yakin mengetuk dan membukanya atau tidak. Dengan memiliki keyakinan yang kuat, sebesar apa pun hambatan dalam usaha kita meraih keberhasilan pasti bisa kita lewati” -@tausiyahku_

Blurb

·      5 kunci Ajaib untuk mewujudkan Impian

-      Positif Thingking

-      Percaya Diri

-      Optimis

-      Berani Mencoba

-      Pantang Menyerah

·      4 jurus jitu Bagaimana “Melobi Allah”

-      Menyantuni Anak Yatim

-      Sholat Hajat

-      Mengingat Allah

-      Puasa Senin dan Kamis

·      5 Jalan Pintas untuk Pedekate sama Allah

-      Qanaah

-      Ikhlas

-      Syukur

-      Ikhtiar

-      Sabar

 

Buku Yang Penting Yakin! mengajak kita untuk memaksimalkan ikhtiar dan membangun keyakinan bahwa Allah akan memberikan yang terbaik bagi kita.

 

Identitas Buku

Judul                  : Sebab Skenario Allah Selalu yang Terbaik

Penulis                : @tausiyahku_

Penerbit             : Qultum Media

Tahun Terbit     : April 2016 (cetakan kedua)

Tebal halaman    : xiii + 181 hlm

Subjek               : Motivasi (Psikologi)-Islam

Bentuk Karya     : Non Fiksi

ISBN                           : 979-017-334-2

 

         Sabtu, 04 Juni 2016. Di malam minggu, aku dan sahabatku mengunjungi salah satu Toko Buku di Kota Malang. Buku demi buku ku buka dan ku baca. Ada 1 judul Buku yang menarik perhatianku. Iya, Judul buku itu adalah “Sebab Skenario Allah Yang Terbaik : Yang Penting Yakin”.

         Pada saat itu, aku merasa diberi beban yang aku belum tau akhirnya bagaimana. Aku adalah seorang anak bungsu yang merantau untuk mencari ilmu baik di bangku kuliah dan di kehidupan perkotaan. Di semester akhir, aku mendapati kabar bahwa do’aku yang ku panjatkan di awal semester kuliah sarjana terkabul di akhir masa studi sarjana. Impianku pada saat itu, adalah ingin Lolos PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Allah Maha Baik memberikan ku 2 judul sekaligus yang lolos PKM, yang mana kedua judul tersebut tidak bersinggungan dengan topic skripsiku. Aku pun merasa galau karena Ibuku sangat menginginkan aku untuk tidak menambah semester dan lulus tepat waktu. Pada waktu itu, ada keraguan, Bagaimana menyelesaikan penelitian PKM dan skripsi di 1 semester yang sama.

         Ketika melihat buku ini berdiri tegak di atas tumpukan buku, aku langsung ingin memiliki dan segera ingin meresapinya. Dalam buku ini, ada bab “IMPIAN DAN UJIAN”.

 

         “Manusia berhak bermimpi, Allah berhak menguji.”

 

Setiap orang berhak memiliki mimpi hingga menjulang tinggi setinggi langit. Jika dalam mewujudkan mimpi menemui hambatan-hambatan, apakah akan mundur begitu saja?

 

“Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, “Kami telah beriman dan mereka tidak diuji? Dan sungguh, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang berdusta.” (QS. Al-Ankabut: 2-3)

 

“Ketika mimpi merekah bersama do’a. Ketika ujian membuat dada terasa sesak, saat itulah Allah adalah tempat kita mengadu…” (hal. 35)

 

Apakah akan berputus asa jika diterpa hambatan-hambatan dalam mewujudkan impian kehidupan? Allah ‘azza wa jalla telah menciptakan kita (manusia) sebagai ciptaanNya yang sempurna dengan dibekali kemampuan untuk berpikir dan dibekali potensi yang luar biasa.“ Janganlah berputus asa dari Rahmat Allah”.

 

“Yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran yang kau jalani yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa pedihnya rasa sakit. (Ali bin Abi Thalib)”

 

         Dalam menghadapi ujian dan masalah perlu menerapkan sabar. Semakin sabar semakin disayang Allah. Sabar merupakan keteguhan hati bersama Allah-Amru bin Ustman. Imam Al-Khawwas juga menyampaikan bahwa sabar adalah refleksi keteguhan untuk merealisasikan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

         Kebahagiaan merupakan wujud dari ujian. Allah ingin menguji seberapa bersyukurnya kita atas nikmat-nikmatNya, begitu pula dengan kesedihan. Allah memberikan ujian untuk mengangkat derajat hambaNya yang beriman. Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa lulus atas ujianNya aamiin.

 

“Berusahalah Hasilnya Serahkan pada Allah. Jadi,teruslah berjalan. Jika Lelah, berhentilah sejenak. Ambil napas dan berjalanlah kembalii. Kekuatan sebenarnya adalah semangat diri kita yang tak pernah mau mengalah pada kegagalan.” (hal. 82)

 

Alhamdulillah, Allah Maha Baik. Aku sungguh sangat Bahagia dan bersyukur. Aku bisa mewujudkan harapan Ibuku untuk bisa lulus tepat waktu (8 semester) dan dua judul PKM-PE juga bisa terselesaikan. Allah memberikan bonus untukku lebih dari yang ku minta. Aku diberikan kesempatan untuk mengikuti International Conference sebagai speaker, seminar nasional, menulis jurnal nasional dan internasional serta 1 paten. Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah….Skenario Allah selalu yang terbaik; Yang penting Yakin!!!. Semoga bermanfa'at, salam sehat dan bahagia 😊😊😊

40 komentar untuk "Positive Thinking, Yang Penting Yakin !!!"

  1. Very inspiring, jadi lebih semangat lagi nih baca tulisannya.. insightful banget❤️😍👍

    BalasHapus
  2. Masya Allah ini isi buku yang sangat provokatif untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah ya. Semoga bisa menjaga niat selalu kita

    BalasHapus
  3. Wah bukunya sangat memotivasi banget ya untuk lebih meningkatkan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Top banget nih

    BalasHapus
  4. Masyaa Allah.. inspiratif banget Mba.. saya sempat menyesali waktu kuliah yg kayaknya terbuang sia2 apalagi kalau dibandingkan dengan pengalaman Mba.. semoga saya bisa memanfaatkan waktu sekarang dengan lebih baik.

    BalasHapus
  5. Isi bukunya sepertinya cocok buat saya yang juga sedang berusaha memperbaiki pola pikir supaya bisa lebih positif. Sangat inspiratif mbak, terimakasih sharingnya

    BalasHapus
  6. bukunya banyak mengandung semangat dan berfikir positif. Masa pendemi ini pas bukunya nih.

    BalasHapus
  7. Gagal fokus di paragraf pertama. Aku selalu optimis dan yakin sama sesuatu, tapi gak tau si yakinnya yakin juga nggak sama aku. Hahaha

    BalasHapus
  8. Masya Allaah bagus banget bukunya. suka dengan quote "Manusia berhak bermimpi, Allah berhak menguji" setiap proses yang dijalani manusia pasti tidak lepas dari ujian Allaah ya mb.

    BalasHapus
  9. Untuk meraih impian memang benar-benar menerapkan pepatah lama, ora et labora ya. Bekerja dan berdoa, sisanya percayakan pada Allah yang memegang skenarionya.

    BalasHapus
  10. Aku langsung highlight 4 jurus jitu Bagaimana “Melobi Allah” nih mba. Baca artikel ini seperti sedang diingatkan untuk lebih baik lagi. Thanks ya mba for reminding me

    BalasHapus
  11. Masyaa Allah. Ternyata keyakinan penting banget ya. Menentukan keberhasilan kita

    BalasHapus
  12. Paling ngema sama kalimat, "manusia berhak bermimpi, Allah berhak menguji". MasyaAllah jadi teringat kembali mimpi2 yang tenggelam hehe, wajib dimunculkan lagi nih

    BalasHapus
  13. Baca tulisan ini langsung nyess dong. Serasa dapat lecutan kecil untuk kembali meluruskan niat. Kalau punya mimpi, harus kuat juga menghadapi ujian prosesnya. Harus sabar. Bismillah, buku ini masuk ke wishlist book berikutnya

    BalasHapus
  14. Lihat ulasan bukunya jadi mau baca bukunya

    BalasHapus
  15. Qultum media memang banyak menerbitkan tulisan inspiratif ya.

    BalasHapus
  16. seneng banget dengan kalimat
    manusia berhak bermimpi, Allah berhak menguji
    seolah ini pengingat bahwa hidup adalah proses
    kalau mau mimpinya harus mau juga ujiannya
    masyaaallah
    makasih mba

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah, selamat atas keberhasilan nyanlulusbtepat waktu. Bukunya ada di perpus online nggak yah? Nnti dicari deh.

    BalasHapus
  18. masya Allah quotenya bikin kita berani bemrimpi sih.. duh lama gakbaca buku genreseperti ini jadi meliirk deretan buku yang lama tak terjamah

    BalasHapus
  19. masyaallah, tips di blurbnya, bismillah praktek
    selamat juga atas pencapaiannya dan berhasil mewujudkan harapan ibu, memang skenario Allah yang terbaik

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah... semua berjalan lancar ya meskipun ikhtiar yang dilakukan pasti tidak ringan juga mengingat semua terjadi berbarengan gitu.

    BalasHapus
  21. MashaAllah~
    Barakallahu fiik...

    Aku jadi ikutan semangat membaca tulisan ini. Terimakasih sudah memberikan insight dari buku yang dibaca dan dibagikan. Ini akan sangat berarti bagi para pembaca. Dan yang paling bikin aku semangat saat membaca "Kekuatan sebenarnya adalah semangat diri kita yang tak pernah mau mengalah pada kegagalan."

    BalasHapus
  22. jika selalu berfikir positif apapun yang kita inginkan akan terwujud. jadi harus selalu bersyukur juga

    BalasHapus
  23. suka denga kalimat ini, “Berusahalah Hasilnya Serahkan pada Allah. Jadi,teruslah berjalan. Jika Lelah, berhentilah sejenak. Ambil napas dan berjalanlah kembalii. Kekuatan sebenarnya adalah semangat diri kita yang tak pernah mau mengalah pada kegagalan.” (hal. 82). yup betul, yang penting yakin.

    BalasHapus
  24. Dari judulnya sangat menarik sekali untuk dibaca, apalagi pas baca reviewnya, semakin yakin buku ini cocok sekali untuk menguatkan keyakinan kita bahwa tiada skenario lain yang terbaik dalam hidup kecuali yang sudah Allah siapkan untuk kita

    BalasHapus
  25. Posting alias positif thingking emang perlu diusahakan, kalau nggak si negatif yang mendominasi.

    BalasHapus
  26. Sekarang ini harus beneran melihat segala sesuatunya dari sisi positifnya. Baca buku ini sepertinya pas sekali

    BalasHapus
  27. Afirmasi positif memang harus selalu disampaikan ke dalam diri kita ya...Yakin kalau ikhtiar kita bukan penentu hasil yang akan kita dapatkan tapi Allah yang membukakan jalan

    BalasHapus
  28. Masyaallah tabarakallah semoga ilmunya berkah, ya, Mbak. Mudah-mudahan nanti ada tulisan lebih lengkap tentang proses penulisan skripsi dan dua jurnalnya. Sukses selalu.

    BalasHapus
  29. Masya Allah. Selamat ya mbak atas prestasinya. Keren lho bisa ngerjain skripsi sekaligus PKM secara bersamaan. Aku banyak belajar ini. Quote ini sangat berkesan, "Manusia berhak bermimpi, Allah berhak menguji.” TFS!

    BalasHapus
  30. Suka banget baca buku yang memotivasi sekaligus inspiratif. Bisa merasakan manfaatnya dalam hal meningkatkan ibadah. Jadi penasaran pingin baca nih

    BalasHapus
  31. MasyaAllah, saya ikut terharu bacanya, Mbak. Skenario Allah memang paling baik ya. ketika Allah yang memberikan ujian, ternyata Mbak memang bisa melaluinya jika pantang menyerah ya. MasyaAllah. Selamat sudah naik kelas. :)

    BalasHapus
  32. Jadi pingin baca bukunya..Umma sangat butuh yang namanya semangat untuk terus bertumbuh

    BalasHapus
  33. Manusia berhak bermimpi, Allah berhak menguji. Aku jadi ingat surah al ankabut 2-3. Akan tetap di uji setiap dari kita. Bener banget mb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaallah KakNzul apa-apa yang terjadi pada diri kita sudah seharusnya dikembalikan pada kesadaran dan penerimaan bahwa semuanya sudah tertulis di lauhul mahfud. Insyaallah dengan begitu hati menjadi lapang, ya.

      Hapus
  34. Suka sekali dengan 4 tips jurus melobi Allah. Hal-hal yang bisa kita lakukan sehari-hari padahal, namun kadang susah juga kalau tak sadar bahwa Allah kita jauhi. Mudah-mudahan jadi tambah semangat untuk ikhtiar maksimal taqorub illalah

    BalasHapus
  35. Alhamdulillah emang kalau kita udah yakin sama Allah, apapun keinginan kita Allah akan kabul lebih dari yang kita minta. Terharu banget mba, akupun pernah di posisi yg sama 🥺

    BalasHapus
  36. Alhamdulillah, bener ya mbak yang penting yakin, Allah enggak pernah salah dan selalu tahu apa yang terbaik untuk umatnya, btw selamat atas pencapaiannya mbak, ikutan seneng lo

    BalasHapus
  37. Mau menerapkan jurus jitu kepada Allah, biar hari tenang dunia dan akhirat. 'di barengi belajar lagi sıfat Qanaah, sabar, ikhlas, agar hati lebih tenang dan selamat dunia akhirat

    BalasHapus
  38. Masyaallah, terimakasih reviewnya bukunya Mbak. Memang yg penting harus yakin ya mba..

    BalasHapus