Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Alasan Membuat dan Menulis di Blog & Tips Mengelola Waktu

Alasan Membuat dan Menulis di Blog  &  Tips Mengelola Waktu

Perjalanan Awal Menulis

Di awal tahun 2021 bulan februari, kakak tingkat semasa kuliah di Malang yang mana beliau adalah Dosen di Semarang tiba-tiba menghubungi mau bertandang ke Kediri. Tujuannya adalah belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare. Yang ku kenal, katingku memang memiliki semangat belajar yang tinggi dan membuat waktu yang dimiliki menjadi produktif. Tibalah waktu kita bertemu, saling sapa, saling berbagi cerita. Kakak tingkatku bernama mbak Erna. Mbak Erna, ku lihat sering sekali membagikan postingan buku dari hasil karyanya dan mendapatkan prestasi (menjadi pemenang) dalam kegiatan menulis buku.

Aku sampaikan keinginanku untuk mengikuti Komunitas Menulis yang mbak Erna ikuti dan langsung dengan cepatnya memberikan kontak yang bisa aku hubungi. Mbak Erna juga mengajakku untuk menulis buku Antalogi yang berjudul “Para Pejuang Tugas Akhir”. Iya mungkin karena mbak Erna adalah tempat curhatku ketika merasa lelah dengan skripsi dan  PKM-PE. Jadi, mbak Erna tahu lika-likuku menempuh skripsi dan mengajakku untuk menjadi salah satu penulis dalam projek bukunya.

Mengikuti Kelas Menulis Online

Bulan Maret 2021, aku mengikuti komunitas menulis buku online (KMO). Aku Bahagia bertemu dengan banyak teman online yang supportif dan membawa suasana yang positif. Dari sini, aku mendapatkan insight bahwa “berani menulis juga harus berani membaca” dan menulis tidak harus kaku yang harus mengikuti penulis A, B, C…atau Z. Pertama harus terbiasa menulis dulu kata salah satu mentorku di KMO. Kebiasaan sarkat (sarapan kata) yang dikumpulkan setiap pagi (06.00-10.00) dan setiap hari selama 30 hari memiliki tujuan supaya kita terbiasa menulis dan bisa menulis dengan gayanya masing-masing dengan bebas. Menulis butuh dibiasakan dengan rutin, dibiasakan juga membacanya. Dari baca, kita bisa tahu gaya penulisan orang dan bisa menjadi referensi bagaimana kita nyaman dan baiknya dalam menulis. Dengan ketentuan tidak plagiat ya…hehehee. Ingat, kita bisa Amati Tiru Modifikasi (ATM).

Alasan Membuat dan Menulis di Blog

1.   Fleksible dan Simple

Setelah berjalan dan menghasilkan 2 buku antalogi, aku mulai berfikir bahwa aku butuh media menulis yang lebih bisa lebih fleksible dan simple. Dalam arti, kapan pun ada ide (bahan tulisan) bisa ditulis dan segera di post. Nopember 2021, ku putuskan untuk memulai blogging sampai sekarang dan ke depan. Semoga bisa selalu konsisten, berkembang dan bermanfa’at, aamiin.

Di awal blogging, aku focus pada penulisan dan belajar desain. Jujurly, aku memulai kembali ngblog setelah sekian lama tidak ngblog. Semasa putih abu, di mata pelajaran TIK, Guruku memberikan arahan untuk ngblog dan tugas-tugas berkaitan dengan blogging. Namun, akun blog-ku itu sudah usang dan lupa juga passwordnya apa. Okelah, jadi buat blog yang baru.

2.   Self-Healing

Pernah mendengar kalau dengan menulis kita bisa melepaskan emosi-emosi sehingga bisa mengurai perasaan-perasaan yang tersembunyi.

 "Start by writing down the things you know. Write about your own experiences and feelings." (J.K Rowling).

Iya, Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri. Dari hal yang kita ketahui dan pengalaman yang pernah kita jalani dengan menulis bisa menjadi hal yang bermanfaat pada orang yang membutuhkannya. Selain bisa mengurai perasaan yang tidak menentu, menulis juga bisa membagikan hal yang bermanfaat untuk pembaca, ataupun bisa menjadi menghibur diri dan para pembaca.

 

Tips Mengelola Waktu Blogging

1.   Tentukan waktu yang nyaman untuk menulis

Ada keinginan menambah kesibukan dalam hal blogging, tentunya ada konsekuensi untuk menyiapkan waktu blogging. Menurutku menulis butuh waktu dan konsentrasi, seperti menentukan topik yang ingin ditulis, apa saja yang ingin dibahas dalam tulisan, menentukan judulnya, dan desainnya. Selama 7 bulan blogging, aku lebih suka menulis pada malam hari atau setelah subuh. Suasana yang tidak terlalu ramai mendukung untuk focus dalam menulis.

2.   Disiplin Waktu

Menurutku menambah kesibukan, membuatku semakin disiplin dalam mengerjakan tugas kerjaan. Segera menyelesaikan apa yang perlu diselesaikan dalam arti tidak menunda pekerjaan supaya waktu blogging tidak tertindas hehehehe. Namun, ketika aku lagi padat jadwal di hari aktif maka aku meluangkan waktu di hari sabtu dan minggu malam. Sedangkan untuk desainnya bisa menggunakan HP yang lebih praktis tetapi jika memerlukan desain yang lebih detail maka menggunakan PC.

Pernah ketika mengikuti Kelas Menulis Online, aku diwajibkan untuk sarkat tiap hari. Nah, bertepatan sekali aku harus melakukan perjalanan ke luar kota dengan kereta. Aku memanfaatkan HP untuk menulis supaya lebih praktis. Waktu menunggu datangnya kereta, kita bisa menulis. Di dalam kereta, selama perjalanan, kita bisa menggunakan dengan menulis.

3.   Buat Content Plan

Untuk mempermudah menulis biasanya di weekend atau malam hari, aku buat content plan. Aku menulis topik-topik apa saja yang ingin ku tulis selama sebulan ke depan atau seminggu ini. Kemudian di waktu luang di hari aktif, aku langsung bisa eksekusi.

4.   Tulis to do list beserta target selesainya

Nah, aku biasanya tiap malam menulis agenda (to do list) harian. Hal-hal apa saja yang akan aku lakukan keesokan harinya. Hal ini bisa membantu kita ketika hari yang padat menyapa. Satu pekerjaan atau agenda tertunda bisa mempengaruhi pekerjaan-pekerjaan selanjutnya. Kalau itu terjadi, tentunya tidak bisa meluangkan waktu untuk blogging. Wah, jangan ya, hehehehe. Jadi, to do list ini bisa membantu kita bisa lebih produktif dan memudahkan mengatur waktu sesuai skala prioritas kita. Semoga alasan membuat dan menulis di blog dan tips mengelola waktu versi aku dapat bermanfa’at dan selamat mencoba 😊😊😊.

 

13 komentar untuk "Alasan Membuat dan Menulis di Blog & Tips Mengelola Waktu"

  1. wah betul sekali mba, sepertinya membuat to do list dan content plan membantu sekali ya ketika ngeblog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya supaya lebih terarah dan produktif, semoga sama2 bisa istiqomah aamiin

      Hapus
  2. Sebenernya aku pengen membuat to do list dan mematuhinya tapi ya ngga pernah jalan mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga pernah mbak hehehe, saya coba untuk komitmen pada diri sndiri dgn menerapkan reward n punishment hehehee

      Hapus
  3. Sering bikin to do list, tapi Sering juga enggak on time kelarnya T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pernah jg sperti itu... kdang juga butuh motivasi supaya segera ngelarin...klo nggk kelar berbuntut pda list selanjutnya hiks hiks

      Hapus
  4. Halo mbaa,
    Waah aku setuju banget nih mba sama statement yang kalo nulis dari hal yang kita tau, alami dan pahami, jadi nulis terasa ringan, ngalir dan hasilnya pun bisa maksimal
    dan menuliskan apa yang kita ketahui juga bisa memberi manfaat untuk yang lain
    dengan begitu menulis/blogging sukses menjadi self healing buat kita 😀
    aku juga setuju nih mba sama pilihan waktu malam dan subuh sebagai waktu yang nyaman buat menulis..
    thank you ya mba sudah bikin tulisan yang bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bnyak sependapatnya juga..., terimakasih kembali mbaa

      Hapus
    2. tooos mbaa, hhe
      sama sama mbaa..

      Hapus
  5. aku pribadi menulis untuk belajar mba. jadi aku nulis ilmu yang ingin aku bisa dan membagikannya. semangat terus ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba sama, aku pun juga masih perlu bnyk belajar. semog kita sama2 bisa istiqomah dn lebih berkembang lagi aamiin

      Hapus
  6. Semoga menjadi jalan lebih produktif dan bermanfaat bagi banyak orang ya. Semangat Menulis dan membaca selalu

    BalasHapus