Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Cara Memasak Nasi Biryani dengan Bumbu Instan – Persiapan Menu Spesial Idul Adha

Cara Memasak Nasi Biryani

 
Lebaran Qurban sudah mulai dekat, mau berkreasi resep apa nih tamuy-tamuy….

Lebaran idul adha identik dengan daging-daging nih…kira-kira makanan yang cocok menurut tamuy apa ya….

Kalau menurut Analisa Muya, daging kambing atau sapi klop banget digabungin dengan masakan timur tengah (arab).

Ragam Nasi Khas Timur Tengah yang cocok untuk Idul Adha

Olahan makanan timur tengah memang popular dan banyak yang menyukainya termasuk Analisa Muya hehehehe…..Oh ya, apa aja sih ragam masakan timur tengah

1. Nasi Biryani

Nasi khas timur tengah ini diolah dengan rempah-rempah dan daging. Nasi Biryani ini berasalah dari negara Persia. Rasa dari nasi Biryani ini lebih gurih daripada nasi mandhi ataupun nasi kebuli. Selain itu, khasnya adalah aroma rempahnya yang kuat akan menambah nikmat. Biasanya, nasi biryani disajikan dengan olahan daging kambing.

2. Nasi Mandhi

Nasi Mandhi ini berasal dari Yaman. Nasi Mandhi ini dimasak dengan rempah-rempah yang salah satunya adalah kapulaga. Rempah kapulaga memberika aroma yang cukup kuat pada sajian Nasi Mandhi ini. Warna nasinya tidak terlalu kuning tetapi warnanya seperti nasi putih yang diolah dengan rempah-rempah. Masakan arab ini biasanya disajikan dengan olahan daging kambing.

3. Nasi Kebuli

Nasi kebuli ini dimasak denagn kaldu daging kambing, susu kambing atau bisa juga menggunakan santan, rempah-rempah, dan minyak samin. Dalam penyajiannya, nasi kebuli ditaburi dengan irisan kurma atau kismis dan olahan daging kambing yang lunak dan lezat.

    Masakan-masakan timur tengah ini berasal dari beras basmati yang diolah dengan rempah-rempah. Dari ketiga masakan (nasi Biryani, Mandhi, dan Kebuli) mana yang membuat tamuy-tamuy ingin segera menyantapnya nih…Walaupun nasi timur tengah umumnya disajikan dengan daging kambing. Tamuy bisa juga nih, menyajikan menu special ini dengan daging ayam ataupun daging sapi. 

Cerita Menemukan Bumbu Nasi Biryani Instan

    Sebelumnya, Analisa Muya mau sedikit cerita nih. Di bulan puasa tahun kemaren, Analisa Muya pengen bangets nih masakan nasi khas timur tengah. Bertepatan dengan masa pandemic jadi lebih berhati-hati. Aku pun ingin memasak sendiri supaya lebih higienis dan sesuai dengan seleraku.

    Scrolling story whatsapp ku tertuju pada salah seorang teman yang membagikan info tentang beras khas arab. Ada Nasi kebuli, nasi mandhi, dan nasi biryani. Dalam 1 kemasan sudah lengkap, terdiri dari beras, bumbu-bumbu rempah lengkap kismis dan susu. Produk ini halal, tanpa bahan pengawet, tanpa bahan kimia, dan yang paling utama adalah praktis.

    Berikut adalah resep nasi biryani dari kebuli neng ayoh, Selera Timur Tengah Rasa Istimewa. Aku memasaknya dengan olahan daging kambing. Aku buat dengan 200 gram nasi biryani untuk 3-4 porsi.

Cara Membuat Nasi Biryani dengan Bumbu Instan Neng Ayoh

#Bahan

-1 kemasan Nasi Biryani

- 1 / 2 bawang Bombay cincang

- 1 buah tomat cincang

- santan kental 200 ml

- Margarin atau minyak untuk menumis

- 4 siung bawang putih

- sedikit jahe

- kaldu bubuk

- garam sesuai selera

- 250 gram daging kambing iris kecil-kecil


#Cara Memasak

1. Cuci beras hingga bersih, kemudian rendam selama 30 menit sampai 1 jam,

2. tumis Bombay cincang, dan bawang putih hingga harum. Kemudian, masukkan tomat dan sedikit jahe yang sudah digeprek,

3. masukkan daging yang sudah di cincang, dan tumis hingga setengah matang,

4. masukkan bumbu-bumbu rempah dari neng ayoh, dan tumis kurang lebih 2 menit,

5. masukkan air 500 ml, santan kental 200 ml. Aduk-aduk dengan api sedang cenderung kecil supaya daging empuk dengan sempurna dan merata,

6. setelah daging sudah melunak, angkat dagingnya dan takar berap air kaldu yang diperoleh. Jika kurang dari 500 ml bisa ditambahkan air atau santan sampai diperoleh 500 ml.

7. siapkan rice cooker, masukkan beras yang sudah di bersih dan direndam, kemudian campur dengan air kaldu. Ketika hamper matang, aduk-aduk nasi sampai bawah supaya menghindari gosong karena mengandung minyak,

8. masukkan kismis dan aduk-aduk hingga merata,

9. masakan nasi biryani khas timur tengah siap disajikan dan disantap.


    Menu special ini bisa disajikan dengan olahan daging kambing, ayam, ataupun sapi. Bisa disesuaikan dengan selera. Bisa juga ditambahkan emping, acar, dan taburan bawang goreng. Tamuy-tamuy bisa bangets mendapatkan produk berkualitas dan praktis melalui akun kebuli neng ayoh melalui Facebook, shopee, dan Instagram.

    Kebuli Neng Ayoh merupakan produsen makanan instan khas timur tengah. Variasi menu praktis timur tengah, yaitu Nasi Kebuli, Nasi Biryani, Nasi Mandhi, dan Nasi Bukhori. Kemasannya terdapat dua macam, yaitu kemasan ekonomis 200 gram beras yang sudah dilengkapi dengan bumbu, dan kemasan 300 gram.

    Untuk kemasan ekonomis 200 gram, bisa digunakan untuk membuat masakan 3 hingga 4 porsi. Sedangkan, kemasan 300 gram, bisa digunakan 5 hingga 6 porsi. Nasi bukhori dengan dominan rempah kapulaga, Nasi Biryani dengan dominan rempah kayu manis, dan nasi mandhi yang dominan rasa kare. Gimana sudah kebayang lebaran idul adha mau masak menu kreasi special apa nih untuk orang-orang tersayang.

Simpulan

    Masakan khas Timur Tengah yang sangat popular dengan cita rasa yang nikmat menambah selera makan. Menu special ini cocok sekali untuk menu hari raya idul adha. Olahan daging kambing atau sapi bisa menambah cita rasa pada menu special khas timur tengah ini. Selamat mencoba dan menikmati 😊😊😊.



Referensi :

[1] https://pergikuliner.com/blog/ini-dia-3-jenis-nasi-khas-timur-tengah-yang-bikin-ketagihan

[2] https://www.idntimes.com/food/dining-guide/fasrinisyah-suryaningtyas-1/ragam-nasi-khas-timur-tengah

4 komentar untuk "Cara Memasak Nasi Biryani dengan Bumbu Instan – Persiapan Menu Spesial Idul Adha "

  1. Saya kok takut ya mbak makan nasi briyani, takut lidahnya gak cocok :'). Kalo coba masak sekali gakpapa kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang kk, bumbu rempahny bisa d atur sendiri dsesuaikn dgn selera ☺️

      Hapus
  2. Cara masaknya mudah banget, jadi mau pesen deh buat stok pas lebaran haji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgets kk, cocok u/ sajian spesial lebaran dan praktis ☺️

      Hapus