Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Buku Unlimited You : Gali Potensi, Raih Mimpi-mimpi


Buku Unlimited You


Blurb

"Bagaimana jika kita tidak punya kemampuan? Apakah kita bisa sukses?"

Kemampuan dapat diciptakan. Ini bukan masalah orang itu beruntung, genius, pintar, dan sebagainya. Ini tentang orang yang paham apa kemampuannya atau mau mencari tahu kemampuannya, kemudian dia asah dan kembangkan; dia berproses dan dia tidak berhenti.

Jika melihat kemampuan kita, memang serbaterbatas. Untuk itu, kita lihatnya ke Allah saja. Kemampuan Allah. Kemampuan yang super-unlimited. Sehingga, kita pun bisa jadi ketularan unlimited.

Sekarang saatnya kamu menggali potensi dan jangan takut bermimpi.

Dream big, pray bigger.

Blurb Buku Unlimited You Wirda Mansur


Identitas Buku

Judul : Unlimited You

Penulis : Wirda Mansur

Penerbit : Kata Depan

Tahun Terbit : Februari 2020 (cetakan pertama)

Tebal halaman : x + 282 hlm

Subjek : Self Impovement – Buku Islam

Bentuk Karya : Non Fiksi

ISBN : 978 – 623 – 7567 – 19 – 6

Menelaah Isi buku “Unlimited You”

Bab 1 Positivity

    Mungkin mudah untuk mengatakan berpikir positif. Namun, untuk melakukannya butuh proses dan butuh dibiasakan. Saya pernah mengikuti suatu kelas yang mana dilatih untuk menuliskan 3 kebaikan orang yang dilakukan kepada kita dari 3 orang setiap hari selama 30 hari. Nah, tujuanya adalah supaya kita terbiasa untuk memandang perlakuan positif orang lain kepada kita. Dengan harapan dari kebiasaan ini, bisa membuat diri menjadi berpikir positif.


    Dari buku ini, tertulis bahwa Bila pikiran kita positif, diri kita positif, cara memandang kita positif, maka sekeliling kita pun insyaAllah akan positif. Sering-sering membuat afirmasi positif pada diri dan selalu berdoa merupakan hal-hal yang merujuk pada positivity.


    Nah, bagaimana jika tertimpa ujian. Dalam buku ini disebutkan bahwa “Bila ujian itu diberikan kepada kita, artinya, ya, kita insya Allah mampu menghadapinya”. Dalam menjalaninya juga dibarengai dengan muhasabah (mengoreksi atau memperbaiki) diri, sabar dan berpikir postitif.


Ketika Kita sudah dan mampu melewati Step by step, Every Process, Allah PASTI Itu pasti menggantikannya berkali-kali lipat….hal 18.

Yakinlah, aka nada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran (yang kau jalani), yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit – Ali bin Abi Thalib.

Bab 2 - Segalanya jadi Mudah kalau kita punya Dia

    Ketika kita mengenal Allah Yang Maha Pencipta dan mengimani, maka kita mendapatkan inner peace (ketenangan batin, ketenangan jiwa).

Bab 3 - Allah adalah Value dari Value

Sebaiknya, ketika kita ingin memulai sesuatu, mengambil langkah, keputusan, apa pun itu, tanyalah Allah dulu. dulu. Berdoa Meminta dulu. Baru memulai…hal 60.

Bab 4 – Create your own happiness

Pilihan ada pada diri kita. Setiap hari, awal bangun pagi hari mentukan bagaimana diri kita menjalani aktivitas seharian. Apakah akan bermalas-malasan atau semangat dalam menjalani aktivitas.


“Bahagianya kita atau tidak, itu diciptakan oleh pikiran kita sendiri…hal 78”

Bab 5 – Words are powerful

Kalimat yang tertulis maupun terucap dapat memberikan kekuatan yang luar biasa.

“Jagalah lisanmu wahai manusia, jangan sampai ia menyengatmu karena sesungguhnya ia adalah ular berbisa. Banyak orang. terbunuh karena lisannya, padahal banyak pemberani takut bertemu dengannya" - Imam Asy-Syafi'I


Bab 6 – Kemampuan itu diciptakan



Bab 7 – Don’t Lose Hope, Even in Your Lowest Condition

Janganlah kehilangan harapan meskipun berada pada kondisi atau titik terendahmu. Ingat bahwa Allah Maha Memberi, termasuk memberi harapan-harapan baru yang segera terwujud. Allah sesuai dengan prasangka hambanya.


Bab 8 – Kenapa hidup kita nggak berubah ?

Yang mampu merubah ya dari diri kita sendiri. Jika kita tidak merubah ya tidak aka nada perubahan pada hidup. Perlu ada usaha, kesabaran, dan doa.

Bab 9 – The beauty of peace of forgive

Salah satu kunci dan resep sukses adalah ketika kita bisa berdamai dengan diri sendiri…hal 167

Marah, jengkel, ataupun kecewa terhadap orang lain dapat menimbulkan energi negative pada diridan lingkungan yang dapat menyebakan terhambatkan impian kita terwujud.

Bab 10 – Antara keinginan, impian, dan orang tua

Mungkin kita sebagai anak memiliki banyak keinginan dan pandangan yang berbeda dengan orang tua. Kita sebagai anak yang usianya jauh lebih muda dari orang tua. Tentunya, orang tua memiliki pendapat yang berdaarkan dari pengalaman hidup. Ketika berbeda pendapat kitab isa berdiskusi dengan santun jika dirasa pendapat anak benar. ingat bahwa "Rida Allah tergantung pada rida orangtua, dan murka Allah tergantung pada murka orangtua."



Bab 11 – Dream Big, Pray Bigger

Semakin besar impian, semakin besar pula usaha dan doanya. Doa seperti nutrisi atau seperti air. Ibarat impian itu adalah tanaman, jika tidak diberi air, ia akan mengering. Bahkan bisa jadi mati (hal. 202)

Bab 12 - Belajar bersyukur dan mensyukuri

Apa saja yang datang dari Allah, kembalikan saja kepada Allah, baik berupa kenikmatan, kesenangan, kesedihan, kekhawatiran, kelaparan, dan lain sebagainya. Dengan bersyukur, maka Allah akan menambah nikmat.


Bab 13 – Kalimat singkat yang membumi


Wah kalimat apakah itu, hehehhe…. Intinya adalah Kita tidak bisa ара-ара. Tidak punya kemampuan apa-apa, tidak dapat melakukan apa-apa jika tidak ada pertolongan Allah di dalamnya.

Buku Unlimited You Wirda Mansur

Kesimpulan

Buku ini cocok untuk diri yang memotivasik diri untuk bisa berkembang jauh lebih baik lagi (self improvement). Bahasa yang digunakan dalam buku ini adalah bahasa gaul yang sangat dekat dengan pemuda dan pemudi. Iya iya donks, penulisny juga masih muda dan berbakat (Wirda Mansur). Buku ini juga menanamkan tauhid, Allah dulu, Allah lagi, dan Allah terus.


2 komentar untuk "Buku Unlimited You : Gali Potensi, Raih Mimpi-mimpi "

  1. bukunya recommended 😍 jadi belajar bagaimana mempercayai diri sendiri dan itu lebih penting ternyata ya.. terimakasih ulasan bukunya.. lengkap banget juga 😀

    BalasHapus
  2. MasyaAllah mbak, saya yang masih dalam kondisi terpuruk berasa disemangati kata2nya. Jazakillah mbakk

    BalasHapus