Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Explorasa "Street Food Festival" Kediri Tahun 2022

Hallo, …. tamuy-tamuy Analisa Muya. Selamat Pagi, Siang, Sore ataupun Malam. Semoga sahabat tamuy selalu dalam keadaan sehat dan Bahagia dimanapun tamuy berada. Kali ini Analisa Muya mau berbagi cerita tentang “Explorasa”. Wah apakah kok rasa rasa ya…rasa apakah itu ? Eitssss…..ini bukan rasa yang pernah ada yaps wkwkkkwkwk. Yuks, check it out. Selamat menyimak tamuy-tamuy ๐Ÿ˜Š ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š.

Explorasa Street Food Festival Kediri

 

Apa sih Explorasa ? ? ?

          Pemerintah Kota Kediri kembali lagi mengadakan Festival kulineran yang asyik, kreatif, edukatif, dan inovatif. Dalam event “Explorasa Tahun 2022” street food festival terdapat serangkaian kegiatan yang menarik untuk diikuti.

Di dalamnya terdapat street food market, lomba kreasi menu, F & B talkshow, demo masak kreatif, mobile public service, lomba konten medsos, dan music performance. Event ini berlangsung selama 2 hari, 30-31 Juli 2022 di Kediri Town Square (Ketos).

Menurutku, lokasi event Explorasa 2022 sangat strategis, berada di tengah kota dan sangat mudah dijangkau dan di halaman mall (tempat parkir mobil) / outdour. Waktunya pun yang dipilih juga di akhir pekan. Hal ini memudahkan masyarakat Kediri dan sekitarnya untuk turut meramaikannya.

1143 tahun, usia Kota Kediri. Di peringatan hari jadi Kota Kediri mengusung tema “Bangkit Bareng”. Sejalan dengan Explorasa yang diadakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri. Hadirnya event ini bertujuan untuk membangkitkan lagi UMKM-UMKM Kota Kediri.

Banyak sekali yang terlibat dalam event Explorasa. Event ini didukung oleh OJK Indonesia, Grab, Bank Jatim, Kreasi Bogasari, dan sederetan media partner, yaitu @kedirikulinerku @kedirigrafi @nongkrongkediri @kedirihitz_.

Hari Pertama Explorasa 2022

Hari Pertama Explorasa Street Food Festival Kediri

 

Pada hari pertama, 30 Juli 2022, Ibu ketua PKK Kota Kediri (Ibu Ferry Silviana Abu Bakar atau disapa dengan Bunda Fey) membuka acara ini secara resmi. Di hari pertama, Ada 3 agenda, yaitu lomba kreasi menu, F & B Talk (Talkshow : Bisnis Street Food bikin Sekut), dan Mobile Public Service. Agenda pertama adalah lomba kreasi menu. Para pelaku street food memaparkan hasil kreasi atau inovasinya kepada dewan juri. Ada 3 juri dalam lomba menu kreasi ini, yaitu Bunda Fey, Chef Agus, dan Agung Kartiko.

Jumlah peserta Explorasa tahun 2022 sebanyak 26 pedagang kali lima (PKL). Menu kreasi yang disuguhkan bervariasi, seperti camilan, minuman, dan makanan berat. Kalau aku mencicipi alias beli es susu rasa blackcurrent dengan harga 9000 per cup dan menikmati camilan alias tahu goreng sadis yang isinya bervariasi. Ada yang isinya daun ketela, dan tauge, ayam dan wortel. Sebenarnya, ingin merasakan sedapnya Ayam Bakar Sitinggil. Namun, antrinya yang Panjang membuatku mengurungkan diri hehehee.

Pesan Bunda Fey pada para pelaku street food, PKL perlu bersahabat dengan platform digital untuk menaikkan omsetnya dan memudahkan menjangkau banyak pelanggan. Bunda Fey juga berpesan untuk pemilihan kemasan makanan. Bunda Fey menghimbau untuk menghindari kemasan sterofoam karena sulit untuk terurai dan kurang ramah lingkungan.

Dari lomba kreasi menu, terpilih 5 pemenang, yaitu

Juara 1 diraih oleh Rujak Pak OK,

Juara 2 diraih oleh Pondok Sagu,

Juara 3 diraih oleh Galei Njajan,

Juara Harapan 1 diraih oleh Ngejamu Ang,

Juara Harapan 2 diraih oleh Ayam Bakar Sitinggil.

Hari Kedua Explorasa 2022

Hari Kedua Explorasa Street Food Festival Kediri

 

          Di hari kedua ada 2 agenda, yaitu live cooking show, dan diseminasi literasi keuangan. Agenda pertama, demo memasak Bersama Chef Sarwan yang merupakan peserta Master Chef Indonesia (MCI) season 1. Chef Sarwan memasak dua menu, yaitu Nasi Goreng Rempah, dan Puding Daun Kelor.

          Di hari minggu, 31 Juli 2022, Aku mengajak Ibuku ke Explorasa 2022. Kami mengikuti demo masak oleh Chef Sarwan. Menu pertama adalah Puding Lumut Daun Kelor. Menurutku, Chef Sarwan ingin menonjolkan masakan yang healthy food. Banyak sekali manfaat dari Daun Kelor. Beliau membuat menu yang mudah diterima lidah masyarat luas, yaitu pudding. 

Puding Daun Kelor

 

          Menu kedua, Chef Sarwan memasak Nasi Goreng Rempah. Dari nama menunya juga sudah bisa ditebak banyak rempah-rempah yang digunakan dan yang pasti juga menyehatkan. Beliau berpesan pada semua yang hadir dan para pelaku usaha makanan. Pesan beliau adalah jangan menitipkan jualan kita pada toko-toko tetapi ciptakan pasar sendiri dan kita bisa berinteraksi langsung kepada pelanggan sehingga mudah untuk menerima masukan atau saran dari pelanggan.

          Beliau juga berpesan untuk selalu berinovasi dalam memasak dan mengunggulkan bahan-bahan yang ada disekitar kita. Beliau menyarankan produk-produk asli Indonesia seperti rempah-rempah. Selain banyak dijumpai di sekitar, rempah juga banyak manfaatnya di Kesehatan kita. Ketika inovasi dalam mengolah makanan sudah diperoleh, kita juga perlu memperhatikan pengemasannya supaya terlihat produk berkualitas dan menarik pembeli.

          Chef Sarwan mengatakan bahwa jangan takut untuk memberi harga yang premium. Rejeki tidak akan tertukar, jualan dengan kualitas premium tentunya ada menarik pelanggan premium. Kita focus pada kualitas produk dan pengemasannya supaya menarik dan terlihat premium. Mengikuti livecooking show Bersama chef Sarwan sangat seru dan edukatif.

Summary

Dalam peringatan hari jadi Kota Kediri yang ke 1143 dengan mengusung tema “Bangkit Bareng”. Sejalan dengan hadirnya Explorasa 2022 yang diadakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri. Hadirnya event ini bertujuan untuk membangkitkan lagi UMKM-UMKM Kota Kediri. Apalagi setelah masa-masa lock down (PPKM) tahun lalu. Dengan adanya Event ini diharapkan bisa memberikan semangat kepada UMKM dan sebgai wadah untuk memberikan edukasi seperti yang disampaikan oleh Bunda Fey  bahwa kualitas makanan diperlukan dan juga harus ramah lingkungan seperti menghindari penggunaan sterofoam. Bunda Fey juga memberi dorongan untuk bekerjasama dengan platform digital untuk dapat memperluas dan mempermudah mendapatkan pelanggan dan menaikkan omset.



10 komentar untuk "Explorasa "Street Food Festival" Kediri Tahun 2022"

  1. Seruuu mbaa acaranyaa, happening bgt yaa mbaa..
    Dan masih fresh lagi acaranya, hhmm udah kebayang kalo food festival berasa surganya pecinta kuliner hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, bener bgets rasanyaa pgen nyicipi semua wkwwkwkwkwk

      Hapus
  2. Menarik yaa acaranya mbak, terus bs mendorong umkm juga, kebayang byk jajanan๐Ÿคค

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bener, mendorong umkm bangkit lgi dn bsa bkerjasama dgn platform digital....

      Hapus
  3. Wah, ternyata Kediri ini usianya udah 1143 tahun. Senang pastinya ada Explorasa, Street Food Festival Kediri. Menarik banget acaranya, melibatkan para UMKM di dalamnya. Ada lomba-lomba juga. Seru deh acaranya.

    BalasHapus
  4. 1143 tahun? Sudah 1000 tahunan umurnya ya Mbak kota Kediri. Lama juga ya. Semoga kota Kediri semakin berkembang dan sukses selalu.

    Aku penasaran sama puding daun kelor lo Mbak, bikinnya kaya apa ya apalagi nasi goreng rempah. Duuuuh enak² semua

    BalasHapus
  5. Dirgahayu Kota Kediri 2022 yang ke 1143 tahun.
    Selalu sukses dan menjadi pioneer dalam perkotaan di Indonesia dalam berbagai hal positif.

    Keren banget sajian acara dan keseruan "Street Food Festival" Kediri 2022.
    Ada banyak aneka kuliner Indonesia dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita yang bisa dijadikan bahan makanan dan ternyata baik untuk tubuh.

    BalasHapus
  6. Pingin banget ngerasain Explorasa...

    BalasHapus
  7. Selalu suka menghadiri food festival, banyak pilihan makanan yang pasti enak enak. Btw oenasaran kek gimana rasa puding lumut daun kelornya...

    BalasHapus
  8. Puas banget ini sih kalau ada street food festival mau jajan apa aja ada dan bikin puas kulineran

    BalasHapus