Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Manfaat Daun Kelor dan Resep Sayur Bening Daun Kelor

         Hallo tamuy-tamuy…, dimanapun tamuy-tamuy berada. Semoga selalu dalam keadaan sehat, Bahagia dan berkah aamiin. Kali ini, Analisa Muya ingin berbagi cerita tentang Manfaat Daun Kelor nih. Dari mengikuti kegiatan Eksplorasa “Street FoodFestival Kediri 2022”.

Manfaar Daun Kelor dan Resep Olahannya
 

    Yapss.., di acara tersebut ada live cooking show oleh Chef Sarwan yang mendemokan dan memfokuskan olahan-olahan makanan sehat, seperti daun Kelor. Analisa Muya jadi ingin membahas daun yang kecil ini tapi banyak manfaatnya, oke check it out….

A. Mengenal Kelor

*Klasifikasi ilmiah

Kerajaan:   Plantae

Ordo:         Brassicales

Famili:       Moringaceae

Genus:       Moringa

Spesies:    M. oleifera

Mengenal Kelor

 

         Sedari kecil Ibuku sering memasakkan ini untuk keluarga. Aku sangat suka sayur ini karena seger kalau dimakan dan ternyata menyehatkan juga lhoh. Semasa kecil kalau lagi sakit dan kurang mood makan, aku inginnya dimasakin sayur favoritku ini.

         Bersyukur memiliki (alm) mbah yang hobi bertanam sayur-sayuran di sekitar rumah. Cucunya jadi sering makan sayur mayur. Terutama daun kelor hehehe.

         Tananam ini tumbuh subur di pinggir halaman rumah. Dulu ketika daun kelor masih belum terkenal akan manfaatnya. Banyak orang yang mengacuhkan daun kelor ini. Bahkan ada ejekan ketika makan sayur kelor.

         Nah, sekarang apa yang terjadi ? ? ?Banyak sekali yang memburu daun ini. Bahkan jadi ada yang jualan daun kelor di pasar hingga supermarket ada beberapa yang jual padahal sebelumnya ku tak menemukannya di pasar bahkan supermarket. Entah pasar yang ku kunjungi emang tidak ada atau emang dijual karena banyak yang mencari.

                  Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat dan berumur panjang. Tinggi tanaman bisa mencapai 7-11 meter. Tetapi tanaman yang di halaman rumah tidak diizinkan untuk mencapai setinggi itu wkwkwkkw. Alasannya supaya mudah untuk diambil. Jadi bisa dipotong bagian atasnya. Beberapa waktu kemudian muncul lagi batang dan daunnya.

         Tanaman ini ada buahnya atau benih. Kalau disini disebutnya kelentang. Bentuknya Panjang, ramping, dan berwarna hijau. Kalau ada buahnya enak banget dimasukkan dalam sayur daun kelor.

 

B. Manfaat Daun Kelor

         Daun boleh berukuran kecil tapi jangan dipandang sebelah ya wkwkwkwk. Biarpun daunnya mungil, namun manfaatnya banyak bangets nih tamuy-tamuy.

         Sebelum ke manfaat, coba deh kita intipin dulu. Apasih kandungan yang ada dalam kelor ini. Kandungannya, yaitu vitamin (A, B1, B2, B3, B5, dan  B6), Karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, serat, fosfor, magnesium, potassium, fosfor, zink, mangan, selenium, dan Folat.

         Wah banyak juga ya kandungan dari daun kelor ini. Nah, selanjutnya cob akita salami bersama-sama manfaat dari daun kelor ini apa aja yaps…

Okey tamuy-tamuy…berikut ini adalah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan :

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

 

1. Dapat menurunkan kadar gula darah

         Kelor ini memiliki kandungan senyawa isothiocyanate yang dapat membantu dalam menurunkan kadar gula darah. Sementara penelitian yang telah dilakukan pada hewan, dan belum banyak pengujian yang dilakukan pada manusia.

 

2. Melawan radikal bebas

         Kandungan senyawa yang kaya akan antioksidan. Membuat kelor memiliki manfaat untuk melawan radikal-radikal bebas dalam tubuh. Kandungannya dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan penyakit kronis seperti jantung dan diabetes tipe 2.

 

3. Mencegah Kanker

         Kandungan senyawa niazimicin pada kelor dapat menekan pertumbuhan atau perkembangan sel kanker. Selain itu, kreasi menu dari kelor juga dapat mencegah kanker (kantong kering). Sekarang ini, banyak dikembangkan healthy food, seperti ekstrak kelor, the kelor, pudding kelor, dan berbagai olahan kelor lainnya.

 

4. Mengurangi Peradangan

         Berdasarkan kajian yang telah dilakukan oleh Plant Foods for Human Nutrition bahwa kelor memiliki senyawa anti inflamasi, yaitu isothiocyanate. Senyawa ini juga bisa mencegah dan memperbaiki dari penyakit-penyakit kronis.

 

5. Menurunkan Kolesterol

         Berdasarkan penelitian yang telah di uji coba pada hewan dan manusia bahwa Kelor dapat menurunkan kolesterol dan melindungi sistem kardiovaskuler atau menjaga Kesehatan jantung.

 

6. Menutrisi dan melindungi kulit dan rambut

         Kandungan protein dan kaya antioksidan membuat kelor juga bermanfaat untuk melindungi kulit dan rambut dari radikal bebas. Selain itu, juga membantu dalam melindungi sel-sel dari kerusakan.

 

7. Menyehatkan lambung

Kelor juga bermanfaat pada beberapa keluhan di perut, seperti gastritis, sembelit, dan kolitis ulserativa. Sifat antibakteri, antibiotic, dan vitamin B yang tinggi pada kelor dapat membantu memperbaiki pencernaan.

 

8. Dapat membuat tulang sehat

         Kalsium dan fosfor yang terkandung dalam kelor dapat membantu menyehatkan dan menguatkan tulang. Ekstrak daun kelor juga dapat memperbaiki radang sendi dan tulang.

 

9. Menyehatkan mata

         Kandungan antioksidan yang tinggi dapat bermanfaat pada Kesehatan mata.

 

C. Resep Sayur Bening Daun Kelor

         Seperti yang sudah ku jelaskan di atas, kalau sejak aku kecil. Ibu suka memasakkan sayur bening daun kelor dan menjadi menu favoritku. Sebenarnya, isian sayur ini bisa divariasikan tergantung ketersediaan bahan-bahan di dapur hehehehe. Oke, berikut adalah resep sayur bening daun kelor :

Resep Sayur Bening Daun Kelor

 

#Bahan :

3 bawang merah

2 bawang putih

2 tangkai daun kemangi

2 atau 3 tangkai daun bayam

10 tangkai daun kelor

1 buah gambas atau labu air (belonceng)

(bisa ditambah jagung manis pipil)

 

#Eksekusi

1. Didihkan air kurang lebig 2,5 liter atau disesuaikan dengan selera,

2. Masukan gambas atau labu air, bawang merah dan bawang putih,

3. Masukkan daun kelor, bayam, dan kemangi

4. Tambahkan garam, dan sedikit gula

 

Note : Jika tidak ada Daun kemangi bisa dikanti dengan kunci. Ini berfungsi untuk menghilangkan bau langu dari daun kelor.

 

         Resep ini sangat sederhana tapi rasanya seger kalau dimakan. Untuk lauknya, bisa dipadu padankan dengan tahu, tempe, telur, perkedel, bakwan jagung atau disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika suka yang pedas-pedas, ketika makan dengan nasi bisa ditambah dengan sambal bawang. Yummmy bangetss dah.

 

Summary

         Daun Kelor merupakan daun yang berwarna hijau, dan kecil. Mudah ditemui di daerah pedesaan, ataupun persawahan. Dulu yang tidak terlalu banyak orang memandang sayur ini. Sekarang banyak yang mencari karena memiliki banyak khasiat. Banyak pengembangan daun kelor yang telah dilakukan, seperti ekstrak daun kelor, teh daun kelor, pudding daun kelor, sayur bening daun kelor, dan masih banyak kreasi menu yang berbasis daun kelor.

 

Referensi :

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Kelor

[2] https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-daun-kelor

[3] https://kesehatan.kontan.co.id/news/9-manfaat-daun-kelor-untuk-kesehatan-yang-jarang-diketahui

[4] https://www.merdeka.com/sumut/kandungan-daun-kelor-menurut-sains-beserta-manfaatnya-bagi-kesehatan-kln.html

 

3 komentar untuk "Manfaat Daun Kelor dan Resep Sayur Bening Daun Kelor "

  1. Sayur beningnya seger banget aq kok baru tahu daun kelor bisa dimasak

    BalasHapus
  2. banyak juga ya manfaatnya, baru tahu kalo daun kelor bisa dijadiin sayur...

    BalasHapus
  3. Saya tim gak pernah mau makan kalo ada sayur daun kelor wkwk

    BalasHapus