Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Cara Meng-index Blog di Google Search Console

 

Hallo tamuy-tamuy, wah mendekati weekend nih sudah ada rencana apa belum nih…!!! Boleh nih sambil merencanakan weekend mau ngapain bisa banget kita berdiskusi di rumah online “Analisa Muya”. Kali ini Analisa Muya ingin mengajak tamuy-tamuy beriskusi tentang Google Search Console atau bisa disingkat dengan GSC.

 

"The pain of fighting is only temporary. You can feel it for a minute, an hour, a day, or a year. But if you give up, the pain will last forever." (Lance Armstrong).

 

Cara Meng-index Blog di Google Search Console

1. Apa itu Google Search Console (GSC)

         Sebelumnya, Google Search Console atau GSC dikebal sebagai Google Webmaster Tools. Sebuah platform yang gratis untuk yang memiliki blog (website). Fungsi dari pemasangan GSC pada blog (website) adalah memonitoring kinerja website dalam ranah organic.

 

2. Apa Manfaat Blog terpasang Google Search Console

Manfaat memasang Google Search Console di Blog

 

a) Mengidentifikasi halaman popular blog

         GSC bisa mengidentifikasi halaman-halaman yang popular yang ada di blog berdasarkan Click Through Rate (CTR). Hal ini bisa menjadi tolak ukur pemilik blog untuk mengembangkan sesuai dengan peminatan pengunjung. Dan topik-topik mana yang perlu ditingkatkan jika blognya gado-gado alias lifestyle blog seperti Analisa Muya.

b) Mengidentifikasi demografi pengunjung

      Data demografi pengunjung blog dimungkinkan bisa diidentifikasi oleh GSC. Dari negara atau kota mana pengunjung datang. Jika websitenya berbasis bisnis tentunya akan memberikan banyak keuntungan dalam menjangkau target marketing yang tepat.

c) Mengidentifikasi perangkat yang digunakan pengunjung

         GSC bisa membantu kita untuk mengetahui perangkat yang digunakan oleh pengunjung website kita loh tamuy. Apakah perangkat pengunjung didominasi menggunakan desktop atau mobile.

d) Mengidentifikasi website yang berkontribusi backlink

         Nah apasih “backlink” itu ? Yaps, backlink menjadi salah satu indicator penunjang ranking website dalam mesin pencarian. Dengan instal GSC, akan membantu untuk mengidentifikasi website mana yang menyumbang backlink ke website tamuy-tamuy. Fitur ini pun juga bisa menyajikan informasi halaman mana yang paling banyak mendapatkan backlink dan anchor text yang digunakan.

e) Mengidentifikasi masalah keamanan pada website

         Dalam aktivitas dalam dunia maya, kita juga perlu memperhatikan keamanan website, baik website pribadi untuk blog atau bahkan untuk penjualan. Nah, fitur ini bisa membantu pemilik website supaya aman dari serangan hacker. Sistem kerjanya, yaitu GSC akan memberikan peringatan jika terdeteksi ada hal yang tidak aman.

f) Memeriksa Broken Link

         Menurut Analisa Muya, fitur yang diberikan GSC sangat bagus. Selain mengidentifikasi masalah keamanan, fitur ini juga meninjau broken link agar pemilik website bisa segera memperbaiki. Hal ini supaya pengunjung bisa berselancar dengan nyaman dengan tautan-tautan yang menuju laman website kita. Jika tautan yang diberikan rusak tentunya pengunjung bisa merasa kesal donks…jangan sampai ya hehehe…

g) Mendeteksi kompatibilitas di perangkat mobile

         Hal yang juga seru dari GSC, yaitu bisa mendeteksi apakah website kita sudah kompatibel ketika penjung akses via mobile. Dan dengan install GSC, kita juga bisa mendapatkan saran-saran juga lhoh. Apa yang mesi dilakukan untuk perbaikannya. Wah, menarik ya tamuy-tamuy.

h) Mengirim Sitemap

         Apasih fungsi dari ”Sitemap” ? ini berfungsi untuk membantu mesin pencari melakukan selancar ke website kita nih tamuy-tamuy. Dengan ini, Google dapat lebih cepat dalam mengidentifikasi website kita.

 

"Be yourself. Who else can do it better than yourself?" (Frank J Giblin)

 

3. Cara Memasang Google Search Console

         Nah, setelah mengetahui banyaknya manfaat dari Google Search Console, rasanya wajib bagi pemilik website untuk memasang ini. Apalagi gratis kan hehehehe. Yuks deh cap cuzzz, berikut cara pemasangannya. . .

a) Membuka dashboard blogspot 

Membuka Dashboard Blogspot

 

         Klik bagian setting, kemudian cari dan klik “Google Search Console”. Selanjutnya, akan diarahkan ke Google Search Console. 

Selamat Datang di Search Console

         Kita bisa memasukan langsung akun gmail atau klik link berikut (jika pertama kali mengakses GSC, maka masukkan akun gmail terlebih dahulu).

 

b). Menambahkan Property.

         Analisa Muya menggunakan platform blogspot jadi memilih URL dan klik terus (continue). 

 

c) Memverifikasi akun Google Searh Console

         Kepemilikan akun GSC perlu diverifikasi. Kita bisa memverifikasi dengan Google Analitics (GA), Google Tag Manajer (GTM), file HTML, dan DNS.

         Analisa Muya dengan platform blogspot memverifikasi akun GSC dengan Google Analitics (GA). Yaps, lebih baik memasang Google Analitics terlebih dahulu kemudian memasang Google Search Console. Jadi, GSC bisa terhubung otomatis dengan GA.

Memilih properti Google Analitics

 

         ketika akun GSC dan GA sudah terhubung, kita bisa melihat laporan Google Search Console (GSC) di akun Google Analitics (GA).

"Kepanikan adalah separuh penyakit. Ketenangan adalah separuh obat, kesabaran adalah permulaan kesembuhan." (Ibnu Sina)

Kesimpulan

         Google Search Console (GSC) merupakan sebuah platform gratis yang berfungsi untuk monitoring performa website di mesin pencari (google). Website mana yang memiliki traffic yang tingggi dan memantau website pribadi kita apakah trafficnya sudah sesuai harapan atau perlu ditingkatkan lagi. Dari ini, kita bisa mengupayakan untuk menarik pengunjung. Dari GSC, kita dapat mengetahui domain  yang memberikan link ke website pribadi kita, mengetahui kinerja website di platform mobile.

         Dengan memasang GSC, kita bisa menemukan keyword yang popular, mengidentifikasi halaman web yang popular, meninjau demografi pengunjung, gadget yang digunakan pengunjung dalam mengakses website pribadi kita, dan memeriksa gadget yang kurang kompatibel, mengetahui backlink ke website, mengecek broken link, dan mencari tahu masalah keamanan website, dan melakukan submit sitemap ke google.

 

Referensi :

[1] https://www.blogspedia.my.id/google-search-console/

[2] https://www.niagahoster.co.id/blog/google-search-console-adalah/#Apa_Itu_Google_Search_Console

 

 

Posting Komentar untuk "Cara Meng-index Blog di Google Search Console"