Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

8 Alasan Mengapa Menulis Blog

             Di era digital ini, banyak individu dari berbagai latar belakang yang terjun ke dunia menulis online, yang termasuk diri ini xixixixi. Ingat banget dulu pas waktu zaman Aliyah (SMA), Guru TIK memberikan tugas untuk membuat “blog”.

Dari tugas itu, aku merasa senang untuk mengotak-atik apa yang ada di blog dan membagikan tulisan yang kiranya bisa bermanfaat. Pada waktu itu hanya sebatas tulisan-tulisan tentang pengetahuan dari materi di sekolah dan tips-tips hehehe…

Blog itu masih ada tapi lupa passwordnya hahaha….mau coba masuk juga lupa password email yang digunakan … ysdah lah….Setelah lulus S1, ingin kembali menulis lagi di blog tetapi terealisasinya waktu pandemi tahun 2021 akhir.

Alasan Menulis Blog

 Di zaman PPKM, kerjaan via online, full di rumah membuat berfikir untuk mencari aktivitas supaya nggak bosen….Finally, ngblog jalan ninjaku hehehehe….Nah kenapa sih kok Analisa Muya memutuskan menulisnya di blog. Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa blogging menjadi pilihan menarik:

1. Menyalurkan Hobi Menulis

Blog menyediakan platform yang lengkap yang cocok bagi para pemula bloger untuk menyalurkan kreativitas mereka. Dengan menulis di blog, memudahkan untuk mengekspresikan pikiran, ide, ataupun pengalaman pribadi untuk para pembaca.

Misalnya, Analisa Muya review staycation di Villa Midodaren Tulungagung yang view nya langsung ke Pantai, berbagi resep dan tips memasak, dan masih banyak lagiiii….

2. Membangun Komunitas

Blog dapat menjadi tempat untuk membangun komunitas dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Interaksi melalui komentar dan media sosial memungkinkan pembaca dan penulis untuk saling berbagi informasi dan dukungan.

Selain membangun komunitas, dari kesamaan minat dalam hal menulis, membuka peluang untuk mengikuti berbagai komunitas menulis. Seperti sekarang ini. Analisa Muya sedang mengikuti Oprec ODOP (One Day One Posting).

Sebenarnya ingin ikut Oprec ODOP dari tahun lalu, karena kesibukan dan hal-hal lain yang membuat Analisa Muya memutuskan untuk ditunda dulu. Dan alhamdulillah, tahun ini bisa ikutan Oprec, semoga bisa lulus dengan lancar aamiin.

3. Mengembangkan Kemampuan Menulis dan Komunikasi

Menulis blog secara rutin juga membantu meningkatkan keterampilan menulis dan komunikasi. Yaps, dari kelas KMO (Kelas Menulis Online), yaitu Berani Menulis Berani Membaca. Ya donks, kalau mau banyak menulis, kita juga harus banyak membaca. Dari apa yang kita baca, bisa memperoleh pengetahuan dan juga gaya penulisan seseorang.

4. Meningkatkan Personal Branding

Blog dapat digunakan sebagai alat untuk membangun branding pribadi. Dengan menulis konten yang relevan dan bermanfaat, bloger dapat menarik perhatian audiens target dan membangun reputasi sebagai ahli dalam bidang tertentu.

Bagi bisnis, blog dapat menjadi bagian dari strategi pemasaran konten yang efektif untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan yang sudah ada.

5. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Diawal ngblog, tidak terlalu memikirkan dari menulis bisa dapat passive income. 1-2 bulan menulis blog, alhamdulillah dapat ajakan kerjasama untuk menuliskan tentang penyakit kusta. Dari Kerjasama ini, membuat diri semakin semangat untuk menulis dan juga upgrade skill dalam bidang kepenulisan.

6. Dokumentasi dan Arsip Pribadi

Blog juga bisa berfungsi sebagai jurnal atau diary digital, yang mendokumentasikan perjalanan, pemikiran, dan pencapaian diri ataupun seseorang. Ini tidak hanya berguna untuk refleksi pribadi tetapi juga dapat memberikan inspirasi atau saling berbagi pengalaman dan wawasan.

7. Membangun Kepercayaan Diri

Menulis dan berbagi pemikiran secara publik bisa menjadi pengalaman yang memperkaya dan meningkatkan kepercayaan diri. Melihat bahwa tulisan kita dihargai dan mendapatkan respons positif dari pembaca dapat memberikan kepuasan tersendiri dan mendorong untuk terus berkarya.

 

8. Mengisi Waktu Luang dengan Produktif

Bagi banyak orang, blogging adalah cara yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang, begitupun juga Analisa Muya. Daripada menghabiskan waktu dengan kegiatan yang kurang produktif, blogging bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan mendidik.

 

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, blogging menawarkan berbagai peluang dan manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja.

 

6 komentar untuk "8 Alasan Mengapa Menulis Blog "

  1. hobi nge-blog emang tidak semua orang punya kak, jdi mari kita rawat baik baik eheh

    BalasHapus
  2. Kita memang harus menuliskan alasan dan tujuan menulis. Agar suatu hari nanti, jika kita merasa lelah, kita bisa membacanya lagi. Dan, segera bergerak lagi untuk meneruskan apa yang sudah dimulai.

    BalasHapus
  3. Manfaatnya banyak banget emang, apalagi kalau isi tulisannya bisa jadi inspirasi untuk orang lain. Bisa jadi amal jariyah, Kak 😍

    BalasHapus
  4. Ihhh bener banget blog itu bisa jadi album digital ya, dokumentasi pribadi tapi lebih dijembrengkan secara nyata dan lengkap. Padahal aku sering kepentok males, tapi ya akhirnya balik ke sini lagi ke sini lagi. Seasik itu nulis di blog 😁

    BalasHapus
  5. Menulis di blog juga bisa jadi tempat latihan menulis untuk platform yang lebih besar. Media misalnya. Nge blog itu harus pinter pinter jaga konsistensi dan menyemangati diri sendiri ya kakk

    BalasHapus
  6. Bagiku menulis blog juga menjadi cara produktif mengisi waktu, Mbak. Jika ada cuan di dalamnya, maka itu bonus :)

    BalasHapus