Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

MengAnalisa Pengunjung Rumah Onlineku, Analisa Muya

MengAnalisa Pengunjung Rumah Onlineku, Analisa Muya

MengAnalisa Pengunjung Rumah Onlineku, Analisa Muya

Hallo, Bestie dan Brodie…Terimakasih sudah bersilaturahmi di rumah onlineku Analisa Muya😊😊😊. Bagaimana kabar Bestie dan Brodie dimanapun kalian berada semoga dalam keadaan sehat dan bahagia aamiin. Nah, Kali ini aku ingin mengAnalisa Pengunjung Rumah Onlineku. Iya, bagi pemilik blog. Tentunya, pengunjung (visitor) blog sangat penting. Aku juga ingin pengunjung-pengunjung blogku merasa nyaman ketika berselancar di rumah onlineku. Dan yang lebih utama ingin memberikan manfaat dari tulisan-tulisan yang ada di blog ini. Oke, langsung saja ke topik “User Persona dan Empathy Map”.

Arti Persona adalah ringkasan dari penjelasan mengenai karakteristik user yang selaras dengan tujuan, kebutuhan dan ketertarikannya dari sasaran user yang dapat diperoleh dari Analisa, seperti nama, foto (visualisasi), alamat, pekerjaan, dan tujuan (alasan mengunjungi blog pribadi), (Akbar, 2020).

Tujuan dari User Persona dan Empathy Map adalah mengidentifikasi siapa pengunjung blog kita, apa yang mereka lakukan, dan alasan mereka melakukan itu apa. Dari statistic di dashboard blog, topi kapa yang banyak pengunjungnya. Di blog saya, topik yang banyak pengunjungnya adalah topik resep masakan. Oke, lanjut ke Analisa Persona dari blog Analisa Muya, sebagai berikut : 

1. Nama Persona  

Menurutku Blog adalah rumah onlineku. Setiap yang mengunjungi blog bisa disebut sebagai tamu. Nah, tamu-tamu yang berkunjung di rumah online Analisa Muya bisa dipanggil dengan sebutan “tamuy” (Tamu Muya). Aku ingin para tamuy bisa merasa nyaman dan akrab denganku sehingga aku ingin memberikan nama “tamuy” kepada pembaca atau pengunjung di blogku.

Awal membuat blog pada bulan Nopember 2021. Jadi sekarang, umur blogku kurang lebihnya 6-7 bulanan dengan jumlah postingan 20 dan 47 pengikut (yang berasal dari teman-teman blogspedia coaching 3). Pengunjung blogku rata-rata dari teman WAG di blog walking IIDN (Ibu Ibu Doyan Nulis), 1M1C (1 Minggu 1 Cerita), Blogspedia Coaching 3, dan teman-teman di sosial media (Instagram).

Menurut Analisaku, pengunjung di blogku adalah teman-teman yang seumuranku di sosial media, perempuan dan kebanyakan momblogger. Dari postingan yang banyak kunjungan dan komentar, yaitu pada label “Dapoer Muya”. Dapoer Muya berisi artikel-artikel kreasi resep makanan-makanan yang telah dieksperimenkan dan recommended untuk dicoba.

2. Visualisasi Tamuy

           Berdasarkan data statistic yang telah ditelaah dan dianalisa, bisa diperkirakan yang menjadi tamuy-tamuy blog Analisa Muya adalah perempuan yang berusia 25-37 tahun yang mana merupakan ibu-ibu muda yang suka mengunjungi kreasi-kreasi resep Dapoer Muya. Berikut adalah hasil visualisasi tamuy-tamuy Analisa Muya :

a.Zakiyah

Perempuan, usia 25 tahun, berdomisili di Ciamis-Jawa Barat, latar belakang Pendidikan Sarjana Hukum, lajang, karyawan swasta, fashionable, hobi merawat diri, dan sosial media yang digunakan adalah Instagram dan WhatsApp.

b. Nana

Perempuan, usia 30 tahun, berdomisili di Malang-Jawa Timur, latar belakang pendidika Master Fisika, Dosen ASN, hobi membaca dan menulis, dan sosial media yang digunakan Instagram, Facebook, twitter, dan WhatsApp.

c. Kamila

Perembuan, usia 34 tahun, berdomisili di Jogja, latar belakar Pendidikan Sarjana Ekonomi, momblogger, hobi memasak dan menulis, dan media sosial yang digunakan adalah Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

3. Tujuan Hidup Tamuy

       Menjadi perempuan yang produktif, dan bermanfaat untuk orang terdekat dan orang sekitar. Meresa senang dilingkupi circle yang positif. Dari lingkungan yang positif akan memberikan energi yang positif. Energi positif inilah yang memberikan dorongan kepada kita untuk melakukan hal-hal yang positif dan produktif.

4. Sikap dan Perilaku Tamuy

       Aku merasa senang dengan kehadiran mereka yang memiliki sikap-sikap yang sopan, ramah, lembut dan seru. Zakiyah adalah seorang yang sangat baik dan menjadi pendengar yang baik. Dia selalu berusaha meluangkan waktu untuk Bersama entah hanya minum es degan di pinggir jalan sambal ngobrol alor ngidul tapi always seru hehehe. Mbak Nana yang selalu mendukungku dalam hal blogging dari mengarahkanku untuk ikut group IIDN, 1M1C, dan blogspedia coaching 3. Mbak kamila yang selalu ramah dan sigap ketika kita butuh masukkan atau saran. Iya, beliau yang lebih dewasa diantara kita. Ketiganya adalah tamuy-tamuy setia yang selalu mendukungku dalam hal-hal yang baik terutama dalam hal blogging.

5. Obrolan Tamuy

       Obrolan yang sering didiskusikan adalah seputar kreasi resep masakan yang praktis dan bergizi. Selain resep, sesama hobi menulis online dengan media blog tentunya tak melewatkan obrolan seputar blogging, seperti Kerjasama, deadline tugas blog, ataupun saling berbagi ilmu terkait blogging. Semua pengunjung setia yang merupakan ciwi-ciwi juga saling mendukung dalam berbagai hal tidak hanya dalam blogging saja. Terkadang kita juga meluanglan waktu untuk video call supaya obrolan dan silaturahmi tetap terjaga dengan baik walapun semuanya berbeda kota.

 

Empatiku terhadap tamuy-tamuy Analisa Muya

       Aku sebagai pemilik blog Analisa Muya menghaturkan rasa terimakasih kepada para tamuy-tamuy yang sudah mengunjungi rumah online ku. Terimakasih atas komentar-komentar positif yang sudah ditempelkan di kolom komentar. Dalam blog, pengunjung adalah hal yang berharga. Jadi, para pengunjung blog Analisa Muya merupakan sahabat online. Kunjungan dan komentar yang telah disematkan merupakan bentuk dukungan kepadaku untuk selalu semangat menulis lagi dan lagi. Terimakasih 😊 😊 😊.

 

 

Yukkk sambung silaturahmi dengan add, follow dan berkunjung di media sosialku berikut ini;

Facebook: Anisa Fitri Muyasaroh  

Twitter: @anisafitri_afm

Instagram: @anisa_muya

Email: anisa.fitri.afm@gmail.com

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

 Referensi :

[1] https://sis.binus.ac.id/2020/04/29/apa-itu-persona-dan-apa-saja-komponen-pada-persona/

4 komentar untuk "MengAnalisa Pengunjung Rumah Onlineku, Analisa Muya"

  1. Nama pembacanya lucuuu, tetap semangat ngonten buat para tamuy ya mbak. :)

    BalasHapus
  2. Imut banget pas ngucapin Tamuy Kak 😀 langsung terngiang2 di telingaku, tamuy tamuy

    BalasHapus
  3. Masya Allah, gemmey banget sih "Tamuy". Selalu Suka sama tulisan blog ini, dari awal baca udah jatuh hati huhu. Aku akan jadi Tamuy-mu kak, meskipun tidak seumuran wkwk

    BalasHapus
  4. hallo, salam sapa dari tamuy
    semangat blogging..

    BalasHapus