Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Membuat Infografis tanpa Ribet Bersama Canva

 
Membuat Infografis tanpa Ribet Bersama Canva

A.Definisi Infografis

    Infografis atau Infographics merupakan gabungan dari information dan grapichs. Definisi dari Infografis adalah bentuk visualisasi data (paduan teks dan elemen visual) yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca supaya lebih menarik dan mudah dipahami.

    Dalam penyajian infografis terdapat 3 jenis infografis, yaitu infografis statis, animasi, dan interaktif. Penyajian infografis statis adalah penyajian yang sederhana atau tidak rumit. Biasanya, infografis statis digunakan untuk presentasi hasil penelitian atau untuk memaparkan informasi yang jelas dan efektif tanpa ada audio ataupun informasi yang bergerak.

    Infografis jenis animasi bergerak terdapat audio dan visual. Jenis animasi ini terdapat dua jenis, yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi. Biasanya content creator menyalurkan kontennya pada platform youtube, televisi, Instagram, tik tok, dan sebagainya. Selanjutnya, infografis interaktif, yaitu gabungan dari infografis jenis statis dan animasi.

B. Aplikasi-aplikasi Infografis

    Aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat infografis, tamuy-tamuy bisa menggunakan, seperti Piktochart, Canva, Vizualize, Easl.ly, Visme, Snappa, dan Biteable. Tamuy-tamuy suka sama aplikasi yang mana nih… Kalau Analisa Muya suka sekali menggunakan aplikasi Canva.

C. Tentang Aplikasi Canva

    Canva merupakan sebuah perangkat untuk mendesain grafis dan para pengguna bisa dengan mudah untuk merancang desain infografis secara online. Dalam aplikasi canva menyediakan banyak desain grafis, seperti brosur, kartu ucapan, curriculum vitae (CV), infografik, animasi, poster, konten untuk Instagram, wallpaper telepon, sertifikat, banner, undangan, sampul buku, logo, dan lain sebagainya.

    Aplikasi ini menyediakan dua jenis layanan, yaitu gratis dan berbayar. Canva juga tersedia dalam versi website, Android, dan iPhone. Alasan Analisa Muya menyukai aplikasi ini karena banyak fitur-fitur yang mudah untuk dipelajari dan digunakan.

D. Pengalaman Mengulik dengan Canva

    Pertama kali mengenal canva masih tergolong user baru, tahun 2021. Akhir tahun 2021, memutuskan untuk terjun dalam dunia blogging. Belajar canva secara otodidak dan juga ikut pelatihan canva secara gratis mbak atikah. Iyapss, awal tahun 2021 pernah ikut Kelas Menulis Online dengan PJ kak Atikah.

    Rasanya bertepatan sekali, ingin belajar Canva,.eh kak atikah membuat kelas desain canva secara gratis tis tis. Bersyukur sekali, setiap proses itu membuatku menjadi terus bertumbuh. Dari kelas gratis itu, desain-desain canva dibuat untuk keperluan blogging. Hasil karya sendiri dari canva, seperti berikut

Header blog 
Header Blog

Logo blog 
Logo Blog


E. Fitur dan Keyword

Fitur-fitur canva yang sering digunakan dalam blogging, seperti berikut ini

Template

    Dalam aplikasi canva ada template yang sudah jadi dan canva juga menyediakan user untuk explore kemampuan desain kita. Jujurly, kalau aku buat lebih suka yang dari kosongan karena desain pribadi dan bahkan tidak ada yang menggunakan selain diri ini wkwkkwkwkwk. Nah, kalau cara ini butuh waktu yang tidak sedikit.

    Bagaimana kalau butuhnya cepet dan ada deadline hehehehehe. Tenang bestie n brodie, ada template yang sudah jadi dan edit-edit dikit supaya tidak sama-sama persis dengan yang lain lah ya. Ya walaupun desain dasarnya sama tapi ada sentuhan tangan dari kita gitu wkwkkwwk.

Fitur template yang sering aku gunain adalah konten Instagram, poster (landscape), dan presentation.

Elements

Fitur ini terdapat banyak pilihan dan aku selalu menggunakannya, seperti gambar-gambar yang lucu, logo blog dan intagram, bunga, grafis, garis dan bentuk. Aku suka dalam gabung menggabung element-element ini supaya matching menurut aku hehehe.

Di elemen ini juga terdapat elemen yang gratis dan berbayar. Jangan khawatir untuk user gratis karena banyak elemen yang masih bisa digunakan. Elemen-elemen ini terdapat dua variasi, yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi.

Uploads atau unggahan

Fitur ini biasanya aku gunakaan ketika ingin menambahkan foto dari jepretan sendiri (koleksi pribadi).

Text

Fitur ini selalu aku gunakan untuk menambahkan tulisan. Iya, teks adalah kebutuhan primer dalam berkonten untuk memberikan informasi yang jelas pada pembaca. Kita bisa mengatur ukuran, jenis font, atau perataannya, efek dan lain-lain.

Background

Fitur ini merupakan menambah latarbelakang dari desain yang kita buat. Kadang aku gunakan, kadang juga tidak. Penggunaannya tergantung pada kebutuhan.

Photos

Aplikasi canva juga menyediakan foto bawaan yang bisa diaplikasikan oleh user pada desain yang dibuat. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Keyword

Keyword atau kata kunci yang biasanya aku gunakan ketika di elements adalah garis, bingkai, kotak, panah, bunga, shape, daun, dan lain sebagainya. Tamuy-tamuy bisa juga menuliskan dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa inggris.

Berikut ini adalah contoh desain-desainku yang pernah aku buat melalui canva

Resep dan tahapan memasak spaghetti bolognise 
bahan sphagetti

tahapan memasak spaghetti


F. Kelebihan dan kekurangan Canva

Kelebihan

1 mudah dipelajari dan digunakan

2 bisa desain melalui website

3 bisa di smartphone (praktis bisa dimana saja mendesain asal terhubung dengan internet)

4 banyak elemen

5 ribuan template yang siap pakai

6 desain otomatis tersimpan

7 gratis

Kekurangan

1 harus terhubung dengan internet

2 banyak elemen-elemen yang bagus tetapi terkunci alias harus jadi pengguna pro dulu

3 memakan banyak kapasitas penyimpanan handphone

Summary

Di era teknologi seperti sekarang ini, infografis memang sangat diperlukan. Hal ini berdasarkan bahwa 90 % otak manusia mampu menyerap informasi visual 60.000 lebih cepat dibanding teks saja. Canva menghadirkan kemudahan-kemudahan user pemula untuk terjun dalam membuat konten infografis. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dipelajari, bisa digunakan di web ataupun dipasang di smartphone jadi praktis bisa desain dimana aja plus otomatis tersimpan. Okey, gimana tertarik juga atau sudah jadi pengguna ulung, bisa nih sharing pengalamannya di kolom komentar, terimakasih 😊😊😊.



Referensi

[1] http://houseofinfographics.com/apa-itu-infografis/

[2] https://www.sekawanmedia.co.id/blog/cara-membuat-infografis/

[3] https://idcloudhost.com/mengenal-canva-dan-cara-menggunakannya/

[4] https://www.hamimeha.com/2021/10/tips-membuat-infografis-mudah.html







2 komentar untuk "Membuat Infografis tanpa Ribet Bersama Canva"

  1. Desainnya malah bikin menggoda iman di tengah malam
    Bener banget, kalau pakai canva pastikan jaringan internet aman, kalau engga susah banget akses apapun

    BalasHapus
  2. Emang fakta nih, dengan ditambah gambar hasil desain dari canva, bikin tulisannya makin hidup dan menarik yaa mbaa 🤩

    BalasHapus