Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Review Buku : 101 Kisah Orang-orang yang dikabulkan Doanya, Penerjemah Ustadz Abdul Somad, Lc., MA.

Hallo tamuy-tamuy, selamat pagi, siang, sore, ataupun malam. Semoga tamuy-tamuy selalu dalam keadaan sehat, Bahagia dan penuh berkah aamiin. Yaps, tepat di hari jum’at, 26 Agustus 2022, Analisa Muya ingin mengulas buku yang sudah ku beli sejak 28 Nopember 2018.

 

Review Buku : 101 Kisah Orang-orang yang dikabulkan Doanya, Penerjemah Ustadz Abdul Somad, Lc., MA.

         Ada kalanya merasa down ketika apa yang dihajatkan belum terkabul. Padahal apa yang telah terjadi atas seizinnya dan yang terjadi adalah yang terbaik. Yang penting yakin dan berpikir positif Sebab Skenario Allah Selalu yang Terbaik.

      Di akhir tahun 2018, aku melihat buku ini dan langsung ingin memilikinya. Alhamdulillah, sudah dimiliki tapi sayangnya aku tak langsung membacanya dengan alasan kesibukan. Padahal harusnya bukan mencari waktu luang tetapi kita yang menyempatkan.

         Okelah, di momen ini aku ingin berbagi ulasan tentang buku ini. Semoga bermanfa’at, check it out ! ! !

 

Blurb

Kehidupan ini tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana dan keinginan kita, banyak faktor lain yang mempengaruhi terealisasinya rencana dan keinginan tersebut, salah satunya adalah kekuatan doa.

Manusia adalah makhluk yang memiliki banyak kelemahan, sehingga memanjatkan doa atau permohonan kepada Dzat Yang Maha Mengatur segala kehidupan ini merupakan satu hal yang tidak boleh ditinggalkan bila ingin rencananya dapat terealisasi.

Berbagai kejadian luar biasa, aneh, bahkan sulit dijamah oleh logika dipaparkan oleh penulis di dalam buku ini, misalnya: kemarahan ombak dan angin yang mengancam keselamatan bahtera dapat diredakan dengan kekuatan doa seorang hamba Allah yang shalih, perampok yang hendak membunuh si pemilik harta dapat diluluhkan dengan kekuatan doa si pemilik harta yang shalilh.

Buku ini memberikan motivasi yang tinggi bagi umat Islam untuk selalu menggunakan doa sebagai senjata saat bahagia, sedih, susah, takut dan galau, sebagai manifestasi keyakinan bahwa Allah SWT selalu bersamanya dan pasti menolongnya.

 

101 Kisah Orang-orang yang dikabulkan Doanya

Identitas Buku

Judul                  : 101 Kisah Orang-orang yang dikabulkan Doanya

                             (Edisi Indonesia)

Penulis                : Majdi Fathi As-Sayyid

Penerjemah        : Ustadz Abdul Somad, Lc., MA.

Penerbit             : Pustaka Azzam

Tahun Terbit     : 2018

Tebal halaman    : xii + 212 hlm

Subjek               : Islam

Bentuk Karya     : Non Fiksi

ISBN                  : 978 – 602 – 236 – 303 – 3

 

Menelaah Isi Buku 101 Kisah Orang-orang yang dikabulkan doanya

A. Mukaddimah

         Allah SWT telah memerintahkan supaya kita selalu berdoa, memohon dan merendahkan diri kepada Allah SWT. Dalam Qs. Ghafir ayat 60 yang artinya “Dan Tuhanmu berfirman, “Berdo’alah kepadaKu, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu”.

         Dalam Qs. Al Baqarah, Allah berfirman yang artinya : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah, bahwasannya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa kepada-Ku”.  

      Doa merupakan elemen pentin dalam kehidupan seorang Muslim. Dalam memanjatkan do’a juga memerlukan ilmu. Dari Anas RA, Rasulullah SAW pernah menjenguk seorang muslim yang sedang sakit dan lemah, bahkan sudah seperti seekor anak burung.

         Rasulullah SAW bertanya, “Apakah engkau berdo’a dan meminta sesuatu kepada-Nya?”. Lalu, Ia menjawab, “Ya, aku berdo’a, Ya Allah, jika aku dihukum di akhirat, maka segerakanlah hukuman itu di dunia’.

Kemudian, Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Maha suci Allah, engkau tidak akan mampu memikulnya, mengapa engkau tidak mengatakan, Ya Allah berilah aku kehidupan yang baik di dunia dan kehidupan yang baik di akhirat, dan hindarilah aku dari azab neraka”.

Selanjutnya, dalam buku ini juga menuliskan tentang adab-adab berdoa dari Al Qur’an dan Hadist.

 

B. Adab Berdoa dalam Al Qur’an dan Sunnah

1. Yakin dan percaya bahwa Allah akan mengabulkan doa tersebut,

2. Terus menerus berdo’a,

3. Merendahkan diri dan melembutkan suara,

4. Berdp’a kepada Allah dengan Asma’ul Husna dan Sifat-sifat-Nya Yang Agung

5. Berdo’a dengan Amal Shalih

6. Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW

7. Memakan makanan yang baik, mengangkat kedua tangan dan mengahadap kiblat,

"Jika kita berdoa, lantas yang terwujud 50% saja, bukan berarti doa kita terkabul separuh, boleh jadi, Tuhan sedang menguji rasa cukup kita. Apakah kita merasa cukup dengan yang ada." –Tere Liye

 

C. 101 Kisah Terkabulnya Doa

         Dalam buku ini dituliskan sebanyak 101 kisah terkabulnya Do’a. Banyak sekali pelajaran dari 101 kisah-kisah yang tertulis. Salah satunya, Kisah do’a mustajab orang yang menginginkan makanan.

         Mus’ab bin Tsabit Az-Zubairi menceritakan bahwa pada suatu malam memilih tetap berada dalam masjid. Sementara, yang lain keluar dari masjid. Kemudian, datang seorang laki-laki yang menyandarkan diri pada dinding masjid dan berdo’a.

         Do’anya sebagai berikut, “ Ya Allah, Engkau ketahui bahwa aku kemarin puasa kemudian waktu petang tidak ada sesuatu yang dapat aku makan. Ya Allah, sekarang sudah petang dan aku ingin makan roti yang diremuk dan direndam dalam kuah (sejenis bubur roti), berikanlah kepadaku apa yang ada di sisi-Mu Ya Allah”.

Mus’ab bin Tsabit Az-Zubairi tiba-tiba melihat ada pelayan di dalam Menara seperti manusia biasa dan membawa makanan dengan wadah mangkuk besar. Wadah itu diletakkan di depan laki-laki yang berdoa tadi.

Laki-laki itu melempar kerikil ke arah Mus’ab bin Tsabit Az-Zubairi, dengan maksud memanggil untuk datang ke tempat laki-laki itu. Mus’ab bin Tsabit Az-Zubairi mendatangi dan memakannya sesuap. Rasanya seperti bukan seperti makanan di dunia.

Dalam hati Mus’ab bin Tsabit Az-Zubairi berpikir makanan itu turun dari surga. Karena merasa sungkan, akhirnya Mus’ab bin Tsabit Az-Zubairi kembali ke tempat awal duduk.

Setelah laki-laki itu selesai makan, pelayan mengambil mangkuk dan pergi. Dan selanjutnya, laki-laki itu juga pergi meninggalkan masjid. Mus’ab bin Tsabit Az-Zubairi ingin mengikuti dan ingin tahu kemana laki-laki itu pergi. Namun, Mus’ab bin Tsabit Az-Zubairi kehilangan jejaknya.

"Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Tidak ada keberhasilan tanpa kebersamaan. Tidak ada kemudahan tanpa doa." -Ridwan Kamil

        

18 komentar untuk "Review Buku : 101 Kisah Orang-orang yang dikabulkan Doanya, Penerjemah Ustadz Abdul Somad, Lc., MA."

  1. merinding baca ceritanya mbak, subhanallah, permintaannya langsung dikabulkan ya, jika Allah sudah berkehendak tidak ada yang tidak mungkin ya

    BalasHapus
  2. Masyaa Allah, kayak.y buku tersebut oke banget buat dijadiin bacaan sekaligus reminder dan motivasi buat rajin berdoa

    BalasHapus
  3. MasyaAllah ini mah bukunya must have banget. Semoga doa doa teman teman semua bisa segera diijabah ya sam Allah dan jgn lupa baca sholawat untuk nabi ya sayyidi ya Rasulullah

    BalasHapus
  4. Buku ini cocok untuk kita sebagai pengingat bahwa dalam hidup ini apabila kita ingin hajat dikabulkan, maka berdoa kepada Allah merupakan keharusan. Dan jangan pernah menyerah apabila doa belum dikabulkan.

    BalasHapus
  5. MasyaAllah. Kisah para sahabat Nabi dan orang-orang soleh ya Mbak. Semoga bisa kita teladani, adab dalam berdoa bisa istiqomah kita jalankan, sehingga doa kita pun dikabulkan ALLAH. Jenis bacaan yang akan banyak membuat kita menitikkan air mata dan instrospeksi diri.. Jazakillahu khoir Mbak.

    BalasHapus
  6. Sebuah buku yang sangat menginspirasi ya mbak
    Allah menjamin akan mengabulkan setiap doa hambanya
    Yang perlu dilakukan hanyalah berdoa dgn sunggh sungguh ya

    BalasHapus
  7. Aku ngerasain banget sih mba keajaiban doa sama berpasrah ke Allah waktu pandemi, lahiran, dan suami sempat dirumahkan sementara. Sering mbatin minta makanan atau rezeki untuk si bayi. Eh, besoknya langsung ada aja rezeki buat beli kebutuhan bayi dan makanan

    BalasHapus
  8. Bisa saya rekomendasikan buku ini ke teman-teman muslim yang sedang mengharapkan hal-hal baik dalam hidup dan menghadapi tantangan. Berdoa memang satu cara ya. Ada pepatah do the best and let God do the rest.

    BalasHapus
  9. Masya Allah bagus banget bukunya. Memang keyakinan itu akan berbuah pada hasil yang akan didapat ya. Saya juga sering nih mengalaminya, batin sesuatu.. eh besoknya dapat. Atau pas lagi ga punya apa2, pasrah sama Allah, eh ada aaj rejeki tak teduga

    BalasHapus
  10. Terima kasih reviewnya mbaaak, rejeki yang tak terduga yang bisa jadi karna doa orang lain untuk kita ya mbak

    BalasHapus
  11. Betul.
    Ini yang membedakan bahwa doa adalah senjata terkuat yang kita miliki untuk mewujudkan apa yang kita harapkan. Meski kemudian takdirnya berkata lain, namun melangitkan doa adalah memohon sebaik-baik takdir yang terjadi pada kehidupan.

    Barakallahu fiik~

    BalasHapus
  12. Terima kasih referensi bukunya Mba. Reminder nih buat saya. Berdoa juga ada adabnya ya. Jangan lelah berdoa dan berusaha pastinya

    BalasHapus
  13. MasyaAllah
    Baru baca review aja udah merinding apalagi baca bukunya
    Bener ya jangan ragu sama kekuatan doa

    BalasHapus
  14. Terima kasih reviewnya. Penuh dengan quote yang saya butuhkan saat ini. Barakallah 🥰

    BalasHapus
  15. menyebutkan amal baik ketika berdoapernah saya dengar juga sebagai salah satu hal yang bisa dipanjatkan ketika berdoa agar doa dikabulkan. MasyaAllahu merinding setiap ada hal-hal ajaib yang menunjukkan kebesara Allah.

    BalasHapus
  16. Jika kita renungkan, sesungguhnya allah tidak pernah mengecewakan kita dalam berdo'a. Allah tau kapan waktu yg tepat mengabulkan atau menggantinya dgn yg lbh baik.

    BalasHapus
  17. Wah membaca buku ini pastinya akan memberikan ibrah yang besar bagi kita ya, mbak. Apalagi ini ceritanya juga dari para orang saleh di zaman dahulu

    BalasHapus
  18. Kekuatan doa ini masih menjadi penyemangat setiap umat untuk memohonkan sesuatu kepada Tuhannya. Insya Allah dengan ikhtiar dan doa yang tulus, apa yang kita pinta bisa dikabulkan oleh Allah SWT.

    BalasHapus