Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Apresiasi Diri Karena Dirimu Berarti

Hallo tamuy-tamuy, kali ini Analisa Muya ingin berbagi yang sebenarnya adalah refleksi diri hehehehehe. Kadang ada rasa insecure, merasa tidak percaya diri. Nah, ayuks bersama-sama menyelami dengan berliterasi. Oke, nanti bisa sharing di kolom komentar...selamat membaca tamuy. . .

  

Apresiasi Diri Karena Dirimu Berarti

A. Definisi Apresiasi Diri

Apresiasi diri atau “Self reward” merupakan penghargaan yang diberikan kepada diri sendiri dari diri sendiri. Pertanyaannya adalah apakah penting??? Iya, karena masing-masing dari kita pantas untuk mendapatkan kebahagiaan dengan caranya sendiri.

Apakah itu termasuk egois???, Oh,...bukan dong. Ini adalah bentuk penghargaan diri ini yang sudah berjuang seperti 2 minggu sudah belajar maksimal untuk UAS dan mendapatkan juara kelas. Nah, kita tahu apa yang kita suka misalnya membeli baju, setelah kita mendapatkan apa yang diperjuangkan tercapai dan kita memberi hadiah atas perjuangan kita adalah hal yang sah-sah saja.

Kalau perjuangan tidak sesuai ekspektasi bagaimana??? Tidak apa-apa, tetaplah beri penghargaan pada diri, sebenarnya tiap insan sudah menang karena dia sudah berani memperjuangan apa yang dicita-citakan dan memberikan semangat pada diri sendiri.

"Jangan pernah biarkan dirimu terjebak dalam kesendirian. Jangan pernah biarkan dirimu menjadi korban. Jangan terima definisi orang lain atas hidupmu, tetapi tentukan dirimu sendiri." –Harvey Fierstein

          Apresiasi pada diri (Self-reward) ini juga dapat menghilangkan penat atau stress dan menyegarkan pikiran. Dalam kondisi pikiran kita yang sudah segar kembali, ketika kita melanjutkan aktivitas atau berjuang hal yang lain lagi maka kita akan semangat dan termotivasi untuk berusaha lebih keras lagi.

Pantas kok kalau diri ini memberikan apresiasi pada diri karena sudah berjuang tapi berjuang terlebih dahulu baru memberi apresiasi. Plus yang paling penting adalah mengukur kemampuan diri dalam memberikan apresiasi,  dikhawatirkan malah jadi berfoya-foya dan lupa apa yang akan diperjuangkannya.

 

B. Cara Menghargai Diri Sendiri

         Menurut Popbela (popbela.com), ada 7 cara menghargai diri sendiri adalah

 

Cara Menghargai Diri Sendiri

1. Jangan Overthinking

         “Don't get too deep, it leads to over thinking, and over thinking leads to problems that doesn't even exist in the first place.” – Jayson Engay

 

2. Pikirkan dirimu

         Berpikir tentang diri bukan untuk keegoisan. Namun, lebih mengenal diri lebih paham. Jadikan diri yang benar-benar paham akan diri. Ketika sudah mengenali diri, bisa memahami apa yang dibutuhkan dan berbahagia cukup dengan diri.

Maksutnya adalah tidak berharap orang lain untuk membuat diri Bahagia karena harapan bisa menyakitkan.  Penting juga untuk “Self-love: I can make my self happy.

 

3. Berdamai dengan diri sendiri

"Coba berdamai dengan diri sendiri, berusaha mengerti, memaafkan dan melupakan. Ganti dengan pikiran positif. Hidup adalah perubahan. Ubah jadi lebih baik." - Andrie Wongso

 

4. Lakukan yang terbaik

         Sudah mengenali diri, memahami diri, dan mencitai diri. Hal ini mendorong diri untuk selalu melakukan yang terbaik karena dirimu sangat berarti.

"Ketika kau melakukan sesuatu yang mulia dan indah, tapi tak seorang pun memperhatikan, jangan bersedih karena matahari pun tampil cantik setiap pagi, meski sebagian besar penontonnya masih tidur." - John Lennon

 

5. Tingkatkan Percaya Diri

         Dengan memahami diri terlebih dulu, dan mengerti apa yang perlu diperbaiki adalah kunci. Tentunya, ada hal yang membuat diri ini merasa kurang percaya diri. Menemukan penyebabnya dan berproses menaklukannya adalah proses.

 

6. Jangan hidup di dalam pandangan orang

“Mengapa kita harus khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan tentang kita, apakah kita lebih percaya pada pendapat mereka daripada kita sendiri?” – Brigham Young

 

7. Dirimu berarti

Pernah membaca kalimat ini bahwa “Banyak keraguan dan ketakpastian dalam hidup kita berasal dari ketaktahuan bahwa kita berharga." Ingat dirimu adalah berarti.

"Saat kamu mengenal diri sendiri, kamu telah mengetahui hal yang paling berharga yang ada." -Osho

 

C. Cara memilih Apresiasi pada diri   

      Sebaiknya kita memilah-milah dalam memberikan reward pada diri karena reward sendiri ada yang berdampak positif dan negatif. Contoh reward yang berdampak negatif, yaitu ketika sudah selesai ujian sekolah bermain game sepuasnya setiap hari.

Hal ini membuat dirimu menjadi bermalas-malasan, menunda pekerjaan dan sama saja membangun kebiasaan yang buruk pada dirimu sendiri, jangan sampai ya!!. Jadi meskipun kita memberikan reward pada diri sendiri harus bisa jeli, “apakah itu baik ke depannya untuk diri kita atau tidak”. Nah, berikut adalah contoh apresiasi pada diri yang positif, yaitu

"Sangat penting untuk membanjiri pikiranmu dengan pikiran positif tentang dirimu." -Iyanla Vanzant

 

Bentuk Apresiasi pada diri

a)  meluangkan waktu bersama sahabat 

Memberikan waktu untuk berkumpul dengan teman akrab akan membuat pikiran kita menjadi segar dan bahagia. Kita juga bisa saling bertukar pikiran, bertukar cerita, dan saling mendukung satu sama lainnya. Bisa jadi dari kita mendengar pengalaman dari teman kita belajar dan lebih bersemangat lagi dalam berktivitas yang positif.

 

b) menonton film kesukaan

Menonton film bisa masuk ke dalam kategori  pemberian "self reward" yang positif dengan catatan film yang ditonton mengandung motivasi yang baik dan nilai moral yang baik. Kita bisa mengajak teman, sahabat atau keluarga untuk menonton bersama. Dengan menonton film, kita dapat mengambil pengalaman dari alur cerita film, mengambil nilai-nilai moral yang baik dan motivasi-motivasi yang baik lainnya.

 

c) Mengikuti seminar atau workshop

 

Mengikuti workshop atau seminar adalah kegiatan yang sangat positif misalnya mengikuti seminar perencanaan bisnis, robotika, modeling, masak ataupun yang lainnya. Kita bisa bertemu dengan orang-orang baru yang ahli di bidang tertentu dan yang pastinya ilmu.

 

d) Makan-makanan kesukaan

Sesekali kita dapat memberikan penghargaan pada diri dengan cara membeli makanan yang kita sukai. Setelah selesai ujian sekolah, atau ujian apapun, kita bisa menyenangkan diri kita dan memberi penghargaan karena diri sudah berjuang. Dengan makan makanan kesukaan dapat memberikan kesenangan dan kebahagiaan pada diri kita serta dapat menyegarkan agar terhindar dari kepenatan.

 

e) Belanja kesukaan sesuai dengan kemampuan

Setelah berjuang cuku keras, kita yang punya hobi belanja ataupun tidak bisa melakukan hal ini. Kita bisa berjalan-jalan ke mall untuk memilih-milih pakaian, sepatu, kerudung atau aksesoris lainnya. Ingat ya, kita belanja barang kesukaan kita sesuaikan dengan kemampuan. Jangan sampai kita belanja barang kesukaan tapi hutang. Hal tersebut dapat memberikan beban di kemudian harinya.

Cintai dirimu terlebih dahulu dan semua hal lainnya sejalan. Kamu benar-benar harus mencintai diri sendiri untuk menyelesaikan apa pun di dunia ini." - Lucille Ball

 

 

 

 

5 komentar untuk "Apresiasi Diri Karena Dirimu Berarti"

  1. Kalau kata Cherrybelle...dirimu sempurna

    BalasHapus
  2. Betul, perlu bgt kita mengapreasi diri kita sendiri supaya bisa terus melangkah maju

    BalasHapus
  3. bener banget mba, apresiasi diri membuat diri ini berhenti untuk tidak membanding-bandingkan....

    BalasHapus
  4. Masih belajar tidak terlalu memikirkan apa kata orang, nih, Mbak. Masih suka kepikiran, hhe.

    BalasHapus
  5. Bener banget mbaa, setujuu
    Apresiasi diri itu butuh.. wah reminding nih "cintai diri sendiri dulu dan semuanya akan sejalan..."
    Kereeen mbaaa 🤩

    BalasHapus