Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Budidaya Kangkung di Rumah dengan Mudah dan Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Hallo tamuy-tamuy, Analisa Muya ingin berbagi tentang budidaya kangkung yang bisa dilakukan di rumah, manfaat kangkung, dan resep cah kangkung terasi. Oke, check it out….

Budidaya Kangkung di Rumah dengan Mudah dan Manfaat Kangkung untuk Kesehatan


A. Deskripsi Tanaman Kangkung

#Klasifikasi Kangkung

    Kingdom (Kerajaan) :  Plantae

    Sub Kingdom : Viridiplantae

    Infra Kingdom : Streptophyta

    Super Divisi : Embryophyta

    Division (Divisi) : Tracheophyta

    Sub Divisi : Spermatophytina

    Class (Kelas) : Magnoliopsida

    Ordo : Solanales

    Famili : Convolvulaceae

    Genus : Ipomoea L.

    Spesies : Ipomoea Aquatica Forsk (Kangkung Air)

    Spesies : Ipomea Reptans Poir (Kangkung Darat)

 

B. Kandungan Gizi Kangkung

      Sayuran kangkung memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat dalam tubuh. Setiap 100 gram sayuran hijau ini mengandung:

Energi = 29 kkal

Karbohidrat = 5,4 gr

Kalsium = 73 mg

Fosfor = 50 mg

Protein = 3 gr

Zat Besi = 3 mg

Vitamin A= 6300 IU

 Vitamin B1 = 0,07 mg

 Vitamin C = 32 mg.

 Serat = 1.0 g

 Lemak = 0,3 gr

   

C. Budidaya Kangkung di rumah

      Setelah menelisik sayur kangkung yang mengandung banyak gizi dan bermanfaat bagi tubuh. Selanjutnya, Bagaimana sih budidaya kangkung. Apakah mudah dilakukan sendiri di rumah. Kangkung ada dua jenis, kangkung darat dan kangkung air.

         Kangkung darat (Ipomoea reptans L. Poir) memiliki ciri daunnya Panjang, ujung daun berbentuk runcing, warna hijau muda, dan bunganya berwarna putih. Sedangkan untuk jenis kangkong air ( Ipomoea aquatica Forsk) memiliki ciri daunnya Panjang dan tidak runcing alias tumpul, daun berwarna hijau gelap, dan bunganya berwarna kuning atau ungu.

         Secara umum, budidaya kangkung bisa tergolong mudah dan bisa dilakukan di halaman rumah. Oke, tamuy-tamuy, caranya sebagai berikut :

Budidaya Kangkung

 

1. Memilih benih kangkung yang berkualitas

         Sebelum menanam alangkah baiknya, kita memilih benih yang berkualitas. Jika membeli dari toko pertanian, pastikan benihnya tidak kadaluarsa dan beli secukupnya ya.

2. Menyiapkan media tanam

      Setelah menyiapkan benih atau bibit unggul, kita perlu menyiapkan media tanam kangkung. Terdapat 2 cara yang bisa dipilih, yaitu menanam langsung ke tanah atau menggunakan polybag atau pot. Kalau aku lebih suka langsung ke tanah dan tidak perlu beli polybag hehehe.

         Untuk tanah, kita bisa menyiapkan tanah yang bebas dari gulma atau rumput liar ya tamuy. Langkah selanjutnya, menggemburkan tanah, bisa dilakukan dengan sekop dan bisa dibuat bedengan.

         Bedengan ini adalah istilah tempat media tanam. Setelah tanah digemburkan, kemudian posisi media tanam dibuat lebih tinggi dibandingkan tanah yang tidak dibuat media tanam. Biasanya, ketinggiannya kurang lebih 30 cm.

         Namun, pernah juga tidak dibuat bedengan juga bisa tumbuh, asalkan tanahnya banyak mengandung air dan terkena sinar matahari. Sebenarnya, tujuan dibuat bedengan ini supaya hasil tanamnya maksimal.

Jika musim hujan, media tanam bedengan ini memudahkan untuk peresapan penyiraman atau air hujan, memudahkan untuk pembuangan air hujan, dan memudahkan untuk pemeliharaannya.

 

3. Memberikan pupuk yang cukup

      Sebaiknya sebelum dilakukan penanaman, media tanam diberi pupuk terlebih dahulu supaya media tanam menyerap nutrisi dengan mudah. Jadi pupuk diberikan pada media tanam kurang lebih 3-5 hari.

         Tamuy-tamuy bisa menambahkan sedikit dolomit pada pupuk (dicampur). Hal ini berfungsi untuk menetralkan pH media tanam. pH yang cocok untuk media tanam ini sekitar 6-7 (normal).

  

4. Membuat lubang-lubang sebagai tempat menanam

         Setelah media tanam siap untuk dilakukan penanaman, tamuy-tamuy bisa membuat lubang untuk meletakkan benih kangkung kurang lebih dengan kedalaman 5 cm. Tamuy-tamuy bisa memberikan jarak antar lubang sekitar 10-20 cm atau dimodel bersilang (zig zag).

     

5. Menanam benih dan memberi campuran pupuk dengan tanah

      Setiap lubang bisa diberikan 5 benih dan ditambah dengan pupuk sebagai penutup lubangnya tadi. 

 

6. Menyiram dengan rutin

         Untuk memudahkan perawatan, penanaman di waktu musim hujan lebih memudahkan. Hal ini karena media tanam terjaga dalam kondisi lembab. Jika ada bagian yang rusak dari tanaman kangkung, tamuy-tamuy bisa membersihkannya atau memangkas bagian yang rusak.

 

7. Panen

      Setelah melakukan tahapan-tahapan dengan baik, tamuy-tamuy bisa memanen tanaman kangkung dalam waktu 30-45 hari.

         Semasa hidup mbah, Mbah kakung selalu menanam sayur mayu, cabe dan lain-lain. Hal ini karena mbah ingin makan yang sehat dan tahu betul proses penanamannya hingga panen. Kita juga bisa mengontrol atau memilih jenis pupu kapa yang diberikan pada tanaman yang di tanam.      

 

D. Manfaat Mengkonsumsi Kangkung

      Proses penanaman yang bisa dilakukan di rumah, tentunya juga untuk konsumsi ya…Nah, apasih manfaat dari kangkung. Kangkung dengan kandungan vitamin A bermanfaat dalam menjaga Kesehatan mata.

         Selain itu, sayuran hijau ini bisa sebagai antiradang, mencegah diabetes, menyehatkan hati (liver), mencegah dehidrasi karena kandungan kalium dan natriumnya bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

         Kangkung juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, dan bisa mengatasi anemia karena memiliki zat besi yang cukup tinggi. Zat besi ini bisa merangsang produksi sel darah merah di dalam tubuh sehingga bisa mengatasi dan menghindarkan dari anemia.

 

E. Resep Cah Kangkung Terasi

#Bahan :

2 Ikat Kangkung

 

#Bumbu :

½ Bawang Bombay ( cincang )

5 siung bawang merah ( dihaluskan atau di uleg )

4 siung bawang putih ( dihaluskan atau di uleg )

 

9 buah cabai rawit merah ( 6 cabai rawit dihaluskan, dan 3 cabai rawit di potong tipis miring )

2 buah cabai keriting merah ( dihaluskan atau di uleg )

1 buah tomat (dihaluskan atau di uleg)

1 terasi bakar atau goreng ( dihaluskan atau di uleg )

Kaldu jamur secukupnya

Garam secukupnya

Gula pasir sesuai selera

 

Resep Cah Kangkung Terasi

#Eksekusi

1. Tumis bawang bombai yang sudah dicincang sampai harum. Jika ingin harum yang lebih ketika menumis bawang bombai bisa ditaburi sedikit garam,

2. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan (bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting, terasi, dan tomat), dan tumis,

3. Masukkan kangkong dan tumis, tambahkan sedikit air supaya bumbu bisa lebih merata, kangkung cepat matang dan bumbu

 

Referensi :

[1] https://agrotek.id/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-kangkung/?quad_cc#Klasifikasi_Tanaman_Kangkung

[2] https://www.honestdocs.id/kandungan-manfaat-dari-sayur-kangkung-bagi-kesehatan

[3] https://www.ruparupa.com/blog/cara-menanam-kangkung/

[4] https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-kangkung-buat-kesehatan/?amp=1

 

 

 

 

5 komentar untuk "Budidaya Kangkung di Rumah dengan Mudah dan Manfaat Kangkung untuk Kesehatan"

  1. malam-malam lihat resep kangkung terasi.. auto lapaaarr. Btw, tanam kangkung susah-susah gampang juga ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah ketika musim hujan...cukup menyebar benih d halaman belakang rumah...tumbuh subur dn tdk mngkondisikan media tanam...tp beda cerita ketika tdk musin hujan heheheee

      Hapus
  2. kangkung, bayam adalah sayuran yang sehat dan bergizi, mudah memasaknya dan tumbuhannya bisa tumbuh dipekarangan rumah

    BalasHapus
  3. Ga nahan lihat kangkung terasinya mbaa 🤤
    Berharap bgt next time bisa budidaya sayuran seperti kangkung ini, pasti happy bgt pas bisa metik lanjut dieksekusi jadi cah kangkung terasi

    BalasHapus
  4. Ini jenisnya kangkung yang ditanam di darat ya mbak? Kan ada juga kangkung yg hidup di air. Terima kasih ulasannya sangat bermanfaat.

    BalasHapus