Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Selamat Hari Guru : Guru Profesional Cakap dengan Digital

 Hallo tamuy-tamuy, … wah udah bulan November aja nih. Ada Hari Besar Nasional apa saja ya tamuy di bulan November ini. Yapz,… betuls sekali nih… Hari Besar Nasional di bulan November, yaitu Hari Pahlawan 10 November, Hari Ayah Nasional 12 November, Hari Kesehatan Nasional 12 November, Hari Guru (PGRI) 25 November, dan Hari Menanam Pohon 28 November.  

Selamat Hari Guru

 

Banyak momen bersejarah yang terukir di Bulan November. Salah satunya Hari Besar Nasional pada tanggal 25 November yang diperingati sebagai Hari Guru, momen ini bisa menjadi apresiasi & refleksi Guru dan Pendidikan di Indonesia. Kongres Guru Indonesia sudah ada sejak tahun 1945. Namun, penetapan hari lahir PGRI ini baru dilakukan pada tahun 1994. Dengan Keputusan Presiden No. 78 Tahun 1994, setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional bangsa Indonesia.


Peran pendidik (Guru) menurut perspektif Ki Hajar Dewantara

Dalam perspektif Ki Hajar Dewantara, mendidik dan mengajar adalah proses untuk memerdekaan manusia dalam segala hal. Semboyan Beliau yang sangat melekat sampai sekarang dan menjadi panutan, yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo (Di depan memberi contoh), Ing Madya Mangun (Di tengah memberi semangat), Tut Wuri Handayani (Di belakang memberi motivasi).

Menurut Ki Hajar Dewantara, Pendidik adalah lifelong learner (terus belajar), dan berdaya. Menjadi Guru adalah belajar sepanjang hayat dan perlu menjadi manusia yang berdaya (mandiri). Dari perspektif ini, diharapkan peserta didik memiliki jiwa mandiri yang mampu bertumpu pada diri sendiri.

         Berdaya, juga memiliki makna peserta didik bisa memiliki kemandirian dalam menentukan tujuan dan kebutuhan belajarnya. Sejatinya, Guru adalah Among, yaitu menuntun peserta didik dengan memberikan kebebasan dalam memilih dan mengarahkan agar peserta didik “stay on the right track”.  

Peran Guru

 

         Saya mengucapkan banyak terima kasih pada Guru-guruku dan seluruh Guru Nasional, karena tanpa ada profesi Guru tidak akan ada profesi lainnya. Amanah menjadi Guru bukan hanya memberikan pengajaran namun juga Pendidikan.

         Apa nih bedanya, pendidikan dan pengajaran ? ? ? Tamuy-tamuy ada yang tahu…. pengajaran ? ? ?  Yapz, pengajaran adalah proses untuk mentransfer ilmu pengetahuan ataupun ketrampilan. Sedangkan, pendidikan adalah memberi tuntunan sikap yang cakap sehingga dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan baik sebagai seorang manusia secara pribadi dan sebagai anggota masyarakat.

 

Tantangan menjadi Guru Profesional Cakap Digital

         Datangnya wabah Covid yang masuk di Indonesia pada Tahun 2020, memberikan dampak yang cukup besar pada sektor Pendidikan. Banyak hambatan yang perlu diurai dalam waktu yang cepat dan secara tepat.

         Sekolah di segala penjuru Indonesia terpaksa harus melakukan kegiatan belajar dan mengajar di rumah. Tentunya, ini sangat kurang efektif dalam pembelajaran jika Guru belum memiliki bekal kompetensi yang cakap dalam digital.

         Oleh karena itu, perlu adanya penambahan kompetensi pada Guru untuk menjadi Guru Profesional yang cakap digital. Tantangan ini tidak akan terurai jika tidak ada jaringan internet yang memadai. Adanya Wifi Rumah sangat membantuku dalam mengikuti workshop secara daring.

Dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan pembelajaran daring, saya yang juga masih perlu banyak belajar dan juga mengajar. Saya mengikuti banyak kegiatan workshop, seperti membuat video pembelajaran, editing audio & video, desain dan kepenulisan.

Wifi Rumah sangat menunjangku dalam kegiatan belajar dan mengajar. Saya bisa menjangkau peserta didik sampai ke penjuru pelosok Indonesia. Saya sangat ingat sekali, ketika itu saya ada kelas sore (16.00 WIB). Salah satu peserta didik berasal dari Jayapura. Disana listrik menyala ketika malam, dia meminta izin kepada saya untuk mengambil alat penerang terlebih dahulu karena kurang terlihat dengan jelas.

Semangat belajar para peserta didik adalah semangat saya dalam memberikan pengajaran yang maksimal kepada mereka. Walaupun mereka ada keterbatasan dengan listrik yang padam. Dengan adanya Wifi Rumah pengajar yang kompatibel membuat mereka sangat terbantu dalam belajar. Wifi Rumah pilihanku adalah IndiHome.

Dengan penyediaan internet IndiHome memberikan banyak makna untuk peserta didik di penjuru Indonesia. Harapannya, dengan akses internet yang mudah dan ramah memberikan banyak makna kepada peserta didik di segala penjuru Indonesia. Hal ini adalah salah satu upaya dalam pemerataan Pendidikan di Indonesia. Guru-guru sangat bisa meningkatkan kompetensi dalam bidang teknologi secara online maupun offline. 

Momen Seru bersama IndiHome 

IndiHome menemani Proses Bertumbuhku dalam belajar banyak hal, seperti :

1. Mengajar Kelas secara daring via Zoom dan gmeet

         Dari keadaan yang memaksa pembelajaran dilakukan di rumah, mendorong pendidik untuk menyesuaikan keadaan. Seperti yang telah Ki Hajar Dewantara tekankan, yaitu pendidik (Guru) menuntun peserta didik sesuai dengan kodrat zamannya.

Sekarang ini, Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang telah memasuksi Revolusi Industri 4.0. Penyesuaian kegiatan pembelajaran dan teknologi bisa linear dilakukan jika ada dukungan Internet yang cepat, dengan adanya IndiHome, menjadikan Aktivitas tanpa Batas.

 

Momen Seru

2. Menimba ilmu dalam workshop pembuatan video pembelajaran dan editing audio dan video

Guru sebagai agen pembaharu adalah seseorang yang memiliki kompetensi professional yang memberikan inovasi-inovasi dalam sistem pembelajaran untuk meningkatkan kualitas peserta didik. Pendidikan adalah sarana untuk kemajuan bangsa. “tidak ada bangsa yang maju, yang tidak didukung Pendidikan yang kuat”, Daoed Joesoef. Oleh karena itu, dengan perkembangan zaman untuk menjadi Guru Profesional diperlurkan kecakapan dalam dunia digital.

3. Menulis 2 Buku Antalogi

Kala pandemi melanda, aktivitas positif juga harus tetep jalan dengan syarat jaga Kesehatan satu sama lain. Yaps, mengikuti komunitas secara online adalan jalan. Berangkat dari Komunitas Menulis Online (KMO), sudah 2 buku antalogi yang terbit.

4. Menjadi Blogger

Tepat tanggal 15 November 2021, aku memulai diri untuk membuat blog “Analisa Muya” dan posting pertama juga pada tanggal itu. Sangat merasa bersyukur bisa mengikuti banyak agenda secara online, salah satunya menjadi blogger. Ikutan kelas dan webinar-webinar untuk meningkatkan skill dalam dunia blogging walupun masih kelas pemula.


Telkom Group dan IndiHome

         PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Telkom Group menyediakan layanan internet cepat (IndiHome).

Layanan ini sangat membantu masyarakat dalam beraktivitas dan meningkatkan berbagai skill. Salah satunya, peningkatan dalam bidang pendidikan (pembelajaran bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja). Adanya layanan internet memperluas pemerataan kompetensi Guru di Indonesia.

Salah satu program pemerintah dalam mencetak Guru Profesional adalan Program Profesi Guru (PPG), yang terdiri dari 2 tipe (Prajabatan dan dalam jabatan). PPG dalam jabatan dilakukan secara daring (online). Dengan adanya internet IndiHome, mempermudah Guru-guru Indonesia untuk meningkatkan diri menjadi Guru Profesional Cakap Digital.

 

Yuks, Ambil Promonya !!!

Tamuy-tamuyku, Ku bisikin ya, Ada Diskon 50% Biaya Pasang Baru (PSB) IndiHome. Yuks, kepoin dan pasang di tempat tinggal masing-masing. Internet cepat ya IndiHome, Aktivitas tanpa batas.

 

Penutup

Selamat Hari Besar Nasional, Hari Guru Nasional (25 November). Terimakasih Guru-guruku, Guru kita semua, Terimakasih sudah menjadi pahlawan tanpa tanda jasa. Ku tahu tanpa ada profesi Guru tak kan ada profesi lainnya.

Terimakasih juga IndiHome sudah banyak membersamai kami dalam mengembangkan skill dan melalui internet menjadikan Guru Profesional yang Cakap Digital.


Referensi:

  • https://indihome.co.id/
  • https://telkom.co.id/sites
  • https://www.suara.com/news/2022/11/03/103627/mengulik-sejarah-hari-guru-nasional-25-november-sejak-kongres-guru-indonesia-1945

 

 

17 komentar untuk "Selamat Hari Guru : Guru Profesional Cakap dengan Digital "

  1. terima kasih informasinya. penting banget guru untuk melek informasi

    BalasHapus
  2. Guru jaman now memang harus mengikuti perkembangan zaman.

    Harus cakap digital ya
    Supaya bs menyampaikan ilmu dgn baik

    BalasHapus
  3. Hikmah pandemi, guru-guru harus meng upgrade kecakapan digitalnya.Sehingga pengajaran berjalan epektif

    BalasHapus
  4. Ternyata banyak juga di bulan November ini peringatan yang harus kita tahu ya, Mbak. Selamat hari Guru untuk guru favoritku sewaktu SD yang kemarin baru saja meninggal. Ingat guru ingat kenangan jaman dulu, cara mendidiknya yang tidak terlupakan sampai sekarang ini, duh aku malah curcol ya, Mbak...

    BalasHapus
  5. Indihome keren ya, kak, sering mengadakan promo. Biaya pasang jadi murah kalau lgi promo gini. Indihome mempermudah para pekerja online, akses internet cepat tanpa batas.

    BalasHapus
  6. Wah Masya Allah perjuangan seorang guru ya. Wah ada promo menarik juga dari IndiHome untuk para guru. Keren nih

    BalasHapus
  7. Keren banget mba, di masa pandemi malah bisa menghasilkan karya dengan 2 buku antologi. Selamat ya mba, sukses jadi guru dan blogger pula

    BalasHapus
  8. Selamat Hari Guru Nasional.
    Salut dengan semua pendidik yang tangguh dan inovatif meski sedang pandemi dan merasakan banyak kesulitan saat mengajar anak-anak. Semoga dengan jaringan internet lancar, kita semua bisa merasakan nikmatnya pendidikan.

    BalasHapus
  9. Aku juga pakai IndiHome mba, Alhamdulillah jarang ada kendala. Internet ternyata manfaatnya banyak banget ya buat guru

    BalasHapus
  10. himah dibalik pandemi, memungkinkan banyak aktivitas yang dulunya dilakukan offline menjadi online, beberapa hal saya juga jadi terbantu, banyak juga kesempatan yang bisa saya peroleh dari aktivitas online ini
    btw kita start ngeblognya sama nih kak, November 2021

    BalasHapus
  11. Kalau gak ada internet betapa susahnya para guru ya di masa pandemi. Karena internet yang lancar, guru tetap bisa mengajar bahkan mengembangkan potensi diri. Termasuk ngeblog.

    BalasHapus
  12. internet saat ini mempermudah pekerjaan kita ya, termasuk guru. dan kerennya lg indihome ngasih diskon 50% ya utk pasang baru

    BalasHapus
  13. Guru harus mengikuti perkembangan zaman ya mbak
    Di era digital seperti ini, guru harus cakap digital

    BalasHapus
  14. Senang banget ketemu bu guru yang progresif dan kreatif seperti ini. Adanya internet digunakan untuk hal-hal edukatif yang juga segar dan kekinian, jadi anak murid nggak bosan dan menganggap guru itu kolot... Thumbs up buat IndiHome dan para guru!

    BalasHapus
  15. Pas awal nggak suka banget belajar online, eh sekarang malah doyan, cucok deh tutor dan guru" online sy

    BalasHapus
  16. Sya malah fokus designnya. Lucu bgt kak. Animasinya detail

    BalasHapus
  17. bener pakai banget bahwa guru profesional sebagai salah satu kompetensi guru harus menguasai kemampuan lliterasi digital.mengingat perkembangan teknologi yang pesat maka penguasaan digital ini menjadi penting dan mempercepat adaptasi

    BalasHapus