Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Header

www.analisamuya.com

Cara Mudah Daftar Google News untuk Blogger

         Haloo tamuy-tamuy, dah akhir tahun nih,…sudah ada rencana mau tahun baruan dimana dan berkegiatan ap ani. Liburan kah atau mengisi dengan hal-hal yang positif. Kalau aku tahun baruan selalu di rumah saja nih. Tahun lalu aku mengikuti “New Hope, New Episod with Semeleh”. Resolusiku di awal tahun 2022, salah satunya adalah menjadi blogger dan mengikuti kelas blogspedia. Alhamdulillah, kesampaian dan berada di tahap ini. Semoga tahun 2023, lebih berkembang lagi dan yang belum tercapai di tahun 2022 bisa terwujud di tahun 2023 Aamiin.

Sekarang ini, akum au berbagi tentang materi bonus 3 dari blogspedia coaching 3, yaitu mendaftar Google News untuk blogger. Sebelumnya, kita kenalan dulu tentang apasih “Google News” dan apa aja manfaatnya untuk blog. Yuks, check it out… 

Cara Mudah Daftar Google News Untuk Blogger

 

A. Mengenal Google News

          Google News adalah layanan gratis dari google untuk menyajikan konten berita yang bertujuan untuk meningkatkan traffic organic (banyaknya pembaca yang menemukan artikel kita dari mesin pencarian google).

          Siapa sih yang nggak mau kalau artikelnya masuk ke page one hehehehe. Ya mau banget lah ya, artikel yang sudah kita usahakan untuk menulis berada di halaman pertama mesin pencarian google.

          Salah satu usaha untuk mempermudah misi para blogger mencapai page one adalah mendaftarkan laman blog ke Google News. Tapi sebelum daftar ke Google News, bisa pasang dulu GSC dan GA nya ya tamuy-tamuy.  Nah, sebenarnya apa aja sih manfaatnya para blogger daftar Google News, yuks simak ….

B. Manfaat daftar Google News

          Awalnya dulu aku berfikir, perlukah blogger daftar Google News. Apa iya artikel-artikel yang ku tulis masuk ke berita semua wkwkwkwkwkwk. Eh, makna dari daftar Google News adalah menjadi publisher yang mana kita memasukkan website atau blog yang kita Kelola untuk mempermudah menjangkau banyak orang sehingga traffic pembaca bisa meningkat dengan significant.

Berikut adalah manfaat dari daftar Google News yang sangat berdampak pada artikel-artikel yang kita tulis dan blog kita nih, yaitu

Manfaat Daftar Google News

1. Mempermudah artikel masuk halaman pertama mesin pencarian Google

          Tentunya, blogger mengharapkan artikel-artikel yang sudah ditulis dan dipublis dapat bermanfaat dan menjangkau banyak orang yang membaca. Untuk mencapai itu, perlu bangets donk artikel kita bisa masuk ke mesin pencarian Google. Artikel yang di halaman pertama tentunya akan mendapatkan perhatian lebih dibandingkan halaman kedua atau yang belum terdeteksi artikelnya masuk ke halaman berapa huhihu…

2. Mempercepat artikel terindeks oleh Google

          Artikel-artikel kita bisa mudah dikenali oleh mesin pencari Google dengan cara artikelnya terindeks oleh Google. Caranya gimana, kita daftarin blog atau website kita ke Google News hehhehe, yuks dah daftarin…

3. Meningkatkan traffic kunjungan blog

          Sebenarnya ini saling berkesinambungan, kalau terindeks makan banyak pembaca sehingga traffic kunjungfan blog ya otomatis akan meningkat.

C. Cara Daftar Google News Versi Terbaru

          Setelah mengetahui manfaat-manfaat dari Google News, berikut adalah cara daftar Google News versi terbaru. Alur pendaftaran Google News ada dua tahap, yaitu membuat publikasi dan daftar Google News.

          Sebaiknya, menyiapkan terlebih dahulu gambar atau logo blog (dot png) dengan ukuran 512 x 512 piksel dan 200 x 20 piksel.

Ø Membuat Publikasi

1. Sebelum melakukan pendaftaran ke Google News, kita perlu membuka Google Analitics terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memperoleh data pelacakan.

Buka Analitics ->> cek bagian admin ->> property ->> info pelacakan ->> copy kode

Cara Daftar Google News

 

2.  Mengakses link berikut https://publishercenter.google.com/publications 

Isi data-data yang diperlukan, seperti berikut:

Nama Publikasi : Nama Blog

Properti situs utama : URL Blog

Lokasi : Indonesia (bisa disesuaikan negara tempat tinggal)

Selanjutnya, klik tambah publikasi. 

Cara Daftar Google News


Kemudian, di halaman Publisher Center pilih Google News.

Pada bagian tab Umum, Setelan Konten, Tinjau dan Publikasi

Pada tab Umum, terdapat informasi dasar yang meliputi kategori publikasi atau niche blogmu, distribusi ( pilih seluruh negara ), dan property Google ( pilih izinkan semua property ). Kemudian, klik selanjutnya.

Selanjutnya beralih pada tab Setelan Konten.

Pada bagian Sections klik Rubrik Baru. Kemudian, pilih Feed. Pada bagian kotak dialog terdapat isian Judul rubrik (diisi dengan Judul Blog), URL feed RSS atau Atom, diisi dengan link berikut :

a) Untuk blog yang sudah TLD (Top Level Domain)

https://www.namablog.com/feeds/posts/default?alt=rss

b) untuk blog yang belum TLD (Top Level Domain)

https://namablog.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss

       Selanjutnya pada bagian akses lihat, pilih siapa saja. Dan untuk Grup Akses, masukkan Nama, yaitu diisi nama blog dan Anggota, diisi 1 alamat email.

Pada tab Tinjau dan Publikasi

Kita perlu melengkapi data-data pada tab Umum dan Visual. Di bagian URL properti situs utama (Primary website property URL) diisi dengan URL blog Selanjutnya, klik verifikasi Google Search Console.

Kemudian, klik tambahkan URL, isi URL blog dan masukkan alamat email. Di bagian Visual, unggah gambar (dot png) logo blog yang telah disiapkan tadi dan jangan lupa klik simpan ya tamuy…

Setelah itu, ke bagian setelan Google News, klik review. Jangan lupa pada bagian Tinjau Persyaratan layanan, jika ada yang belum lengkap datanya dilengkapi dan submit. Di bagian ini, memerlukan sabar dan telaten dalam klik-klik hehehee. Klik-klik sampai berhasil, yaitu sampai tulisan review nya menghilang dan muncul judul-judul artikel yang sudah ditulis. Kemudian, klik publish, maka status sedang dalam tinjauan dan memerlukan waktu berhari-hari. Selamat mencoba 😊.

2 komentar untuk "Cara Mudah Daftar Google News untuk Blogger"

  1. apakah ada persyaratan lebih lanjut ya kak untuk masuk ke google news ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kk, pastikan alamat email untuk mndaftar sama dengan alamat email untuk blog ya, selamat mencoba kak

      Hapus